Wisata Jabar

Ini Wajah Baru Pantai Pelabuhan Ratu Sebagai Alun-alun Kabupaten Sukabumi

share to whatsapp




Setelah Pangandaran, konstruksi penataan sisi pantai Pelabuhan Ratu sebagai alun-alun baru Kabupaten Sukabumi, program dari Pemprov Jawa Barat akan dimulai tahun ini. Insya Allah menjadi kebanggan warga Kab Sukabumi dan meningkatkan kualitas dan ekonomi pariwisata di sana. Doakan lancar.

Itulah status postingan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di halaman facebook-nya pada Senin, 10/02/2020. Kang Emil pun mengunggah empat gambar rencana revitalisasi sisi Pantai Palabuhan Ratu Sukabumi tersebut.

Penataan sisi pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu bagian dari program Pemprov Jabar yang tertuang dalam empat strategi guna mengembangkan kepariwisataan Jabar, yakni memperbaiki akses, membuat destinasi wisata baru, menggelar event Tourism Summit, dan mengakselerasi desa wisata.

Pemda Provinsi Jabar terus menggali potensi pariwisata di semua daerah. Selain itu, Kang Emil pun sudah menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar untuk mengembangkan wisata air. Mulai dari danau, sungai, sampai irigasi.

Menurut Kang Emil, Jabar memiliki destinasi wisata yang lengkap. Mulai dari wisata gunung, laut, religi, sampai desa, ada di Jabar.

"Kita ingin memperbaiki kenyamanan wisatawan. Jawa Barat juga negeri indah dengan penduduk hampir 50 juta. Tahun lalu kami targetkan 49 juta wisatawan yang datang 60 juta, semua senang," katanya.

Pariwisata menjadi atensi pemerintah untuk mendongkrak perekonomian nasional. Sebab, pariwisata merupakan sektor yang berdampak langsung peningkatan pendapatan masyarakat. Guna mengembangkan pariwisata, Wapres RI menekankan 3A, yakni aksesibilitas, atraksi, dan amenitas.

Amenitas sebagai fasilitas pendukung pariwisata bertujuan memberikan kenyamanan bagi wisatawan, seperti akomodasi, kuliner, pusat informasi, pusat oleh-oleh, kesehatan, keamanan, komunikasi, bank, air bersih dan listrik.


share to whatsapp