Wisata Jabar

Pesona Keindahan Alam di Curug Ciruti (Curug Luhur), Sukabumi




Nama objek wisata air terjun di Sukabumi ini memiliki pesona luar biasa. Curug Ciruti (dulu dikenal dengan Curug Luhur) lokasinya berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kab. Sukabumi. Lokasinya tak jauh dari Curug Cigangsa. Nama "Ciruti" diambil dari nama dusun yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun ini. Untuk akses masuk menuju air terjun ini bisa dari arah Desa Cikangkung.

Keindahan curug ini yakni berada di lanskap alam pedesaan yang masih asri. Ciri khas curug ini dindingnya cukup tinggi dan lebar. Sementara bila terus ke bagian atas air terjun ini, ada juga air terjun lainnya yakni Curug Badak.

Pilihan jalur untuk ke Curug Ciruti:

1. Dari arah Kota Sukabumi dan Cibadak
Sukabumi/Cibadak – Gunungguruh – Pasar Pangleseran – Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Jalan Ciracap Mareleng – Ciracap (Masjid Besar Ciracap) – Jalan Cirangkong – Jalan Cidangdeur Dua (Desa Cikangkung) – Curug Ciruti.

2. Jalur Palabuhanratu – Kiaradua bagi yang datang dari arah Banten Selatan dan Palabhanratu
Palabuhanratu – Simpenan – Cihaur – Cigaru –Pal Tilu – Kiaradua – Waluran – Jalan Ciracap Mareleng – Ciracap (Masjid Besar Ciracap) – Jalan Cirangkong – Jalan Cidangdeur Dua (Desa Cikangkung) – Curug Ciruti.

3. Jalur Ujunggenteng dan Surade.
Untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung akan melewati perkampungan pendudukan hingga persawahan. Waktu berkunjung yang disarankan untuk ke Curug Ciruti adalah sekitar bulan April-Juli dan November-Maret (tergantung curah hujan). Jadi, pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Curug Ciruti, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan. Anda pun bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata.

Dan jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Curug Ciruti sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.