Wisata Jabar

Tour de Linggarjati, Promosi Wisata Kabupaten Kuningan



Upaya meningkatan promosi dan brand image potensi wisata daerah bukan hanya dilakukan secara konvensional. Namun, event olah raga dan wisata pun bisa dipadukan untuk lebih memperkenalkan potensi wisata di suatu daerah. Inilah yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2016. Dimana acara berskala internasional Tour de Linggarjati akan diadakan untuk kedua kalinya di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Event serupa pernah digelar pada 2015 lalu.

 Tour de Linggarjati 2016 telah secara resmi menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI. Launching Tour de Linggarjati (TdL) 2016 sendiri telah digelar pada 13 September 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta. Sebagai tanda pembukaan, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menabuh gong tanda diresmikannya kegiatan kejuaran balap sepeda internasional tersebut.

Launching juga dihadiri Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Drs. Ukus Kuswara, MM; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuty, M.Si; Para Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pariwisata RI; Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. Ineu Purwadewi Sundari, MM.; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat H. Ida Hernida, M.Si;  Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H; Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman, S.Sos; Sekretaris Daerah Yosep Setiawan, M.Si; para Kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan; para Pengusaha asal Kuningan, Agent Travel, para perantau Kuningan yang sukses di Jakarta dan insan pers.  Acara dihadiri oleh lebih dari 300 undangan.

Event TdL telah diakui oleh Union Cycling Internationale (UCL) dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Hal itu menjadi alasan event TdL menjadi skala internasional. Kegiatan serupa lainnya selain TdL, event bertaraf internasional cabang sepeda ini ada Tour de Singkarak, Tour de Ijen, dan Tour de Flores. Semuanya merupakan rangkaian event olah raga yang diikuti peserta dari dalam dan luar negeri.

Tujua TdL adalah untuk pengembangan olahraga sekaligus pariwisata dengan memadukan event lomba dan berbagai event budaya lainnya. Kegiatan tour sepeda ini juga akan disemarakkan kegiatan food truck/wisata kuliner, pameran kerajinan lokal, lomba foto, dan tampilan keragaman seni budaya khas Kab. Kuningan.

Rute Tour de Linggarjati 2016
Dalam TdL, para atlet balap sepeda akan memperebutkan titel juara serta hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni:
1. Individual Time Trial (ITT)
2. Road Race/Circuit Race
3. Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth.

Tour de Linggarjati 2016 akan dimulai dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pesepeda akan menempuh rute sepeda sepanjang 345 kilometer, melewati 20 kecamatan dan 200 desa di Kabupaten Kuningan. Untuk peserta akan diikuti oleh 10 tim nasional dan 10 tim dari mancanegara. Adapun otal atlet yang akan ikut serta sebanyak 100 orang.

Panitia pun menanggung biaya akomodasi dan transportasi di Kabupaten Kuningan. Selain itu, panitia menyediakan subsidi transportasi sebesar Rp 10 juta tiap tim luar negeri dan Rp 5 juta untuk tiap tim dalam negeri.

Sementara TdL 2016 sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 dan hari jadi Kabupaten Kuningan ke-581 yang jatuh pada 1 September 2016 lalu. Tour de Linggarjati juga bertujuan untuk menggali dan mengenang kejadian di Kuningan yakni Perjanjian Linggarjati pada tahun 1946. Diharapkan, Tour de Linggarjati menjadi kegiatan unggulan dan ikon daerah yang secara langsung meningkatkan citra wisata Kuningan.

SEKRETARIAT PANITIA LOMBA
TOUR DE LINGGARJATI TAHUN 2016

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Kuningan
Jalan Aruji Kartawinata No. 12A, Kab. Kuningan
Telp. (0232) 871620,  Fax (0232) 871620
E-Mail:
- sekretariat@tourdelinggarjati-kuningan.com
- wahyu.bappeda@gmail.com
- cakbartali@gmail.com