Wisata Jabar

Air Terjun, Potensi Wisata Alam Unggulan di Tasikmalaya




Potensi wisata alam di Tasikmalaya selama ini kurang terekspos. Namun, seiring berkembangnya dunia internet, objek-objek wisata di Tasikmalaya satu per satu terangkat ke permukaan. Ini tak lain dari jasa para militan warga Tasikmalaya sendiri yang menaruh kepedulian akan potensi wisata di daerahnya.

Mereka rela kukurusukan alias blusukan ke tempat-tempat wisata tersembunyi. Dan kemudian mereka mengunggahnya di media sosial. Animo para pengguna media sosial di daerah lain pun terlihat antusias. Ternyata Tasikmalaya mempunyai tempat-tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang masih perawan. Efeknya, satu per satu penjajal petualangan alam dari luar Tasikmalaya mulai menjajal tempat-tempat wisata tersebut.

"Bidadari yang sedang tidur" itulah mungkin ungkapan yang bisa menggambarkan akan potensi wisata di Tasikmalaya, Jawa Barat. Mungkin selama ini kita hanya mengenal Tasikmalaya identik dengan wisata kerajinan di Rajapolah; wisata belanja pakaian muslim; wisata kuliner di daerah pusat kota; wisata seni budaya di Kampung Naga; wisata ziarah Pamijahan; atau wisata pantai selatan seperti Cipatujah dan sekitarnya.

Potensi Objek Wisata Air Terjun
Namun, kini objek-objek wisata alam bertambah dengan hadirnya objek wisata air terjun yang jumlahnya mungkin bisa ratusan, karena belum tereksplor semua. Dan hasilnya, dengan terekspos di media sosial, ragam tanggapan positif pun muncul dari netizen yang tersebar di berbagai daerah.

Sajian keindahan dan kesejukan alam wisata curug (air terjun) di beberapa titik di Tasikmalaya, mengundang calon wisatawan untuk berkunjung. Hal ini terutama potensi wisata air terjun yang ada di jalur selatan Tasikmalaya, dari daerah Galunggung hingga jalur ke Pantai Selatan seperti daerah Cikatomas, Cisayong,  Cigalontang, Jatiwaras, Pancatengah, dan daerah Karangnunggal dekat muara Sungai Cimedang. Topografi pegunungan di wilayah selatan Tasikmalaya tersebut menyimpan potensi wisata alam yang bisa dimanfaatkan untuk berkembangnya wisata dan perekonomian masyarakat setempat.

Berikut ini beberapa tempat wisata air terjun di Tasikmalaya:

1. Curug Meber, Dusun Cingaloma, Desa Cidugaleun, Kec. Cigalontang.
2. Curug Amoh, Dusun Cinunjang, Desa Mandalamekar, Kec. Jatiwaras
3. Curug Adjan, Kec. Karangnunggal
4. Curug Cihanjuang, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong.
5. Curug Wanakara, Desa Cijoho, Kec. Sukaraja.
6. Curug Cipinaha, Kp. Sukasirna, Desa Malatisuka, Kec. Gunung Tanjung
7. Curug Manawah Batu Mahpar, Kp. Benjan, Desa Sukamulih, Kec. Sariwangi
8. Curug Sawer, Dusun Ciomas, Desa Mandalamekar, Kec. Jatiwaras
9. Curug Paseh, Kp. Cikajang, Desa Kersagalih, Kec. Jatiwaras
10. Curug Galunggung, Desa Linggajati, Kec. Sukaratu.
11. Curug Kasur, Desa Pangliaran, Kec. Pancatengah
12. Curug Dengdeng, Desa Tawang, Kec. Pancatengah
13. Curug Batu Blek, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong
14. Curug Koja, Desa Pakemitan, Kec. Cikatomas
15. Curug Gogog, Desa Sarimukti, Kec. Karangnunggal
16. Curug Cimanintin, Desa Tanjungsari, Kec. Salopa
17. Curug Ciparay, Desa Cidugaleun, Kec. Cigalontang
18. Curug Ciparay 2, Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kec. Cigalontang.
19. Curug Cibakom, Desa Linggalaksana, Kec. Cikatomas
20. Curug Arjuna, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong
21. Curug Cimedang, Desa Sukaharja, Kec. Sariwangi.
22. Curug Batu Niungan, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong
23. Curug Badak, Dusun Lemahdedet, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong.
24. Curug Ciparay 2, Desa Cidugaleun, Kec. Cigalontang
25. Curug Gedus, Desa Sepatnunggal, Kec. Sodonghilir
26. Curug Leuwi Hideung , Kp. Cingaloma, Desa Cidugaleun, Kec. Cigalontang
27. Curug Cimaranten, Kp. Gunung Pareang, Desa Cisela, Kec. Salopa
28. Curug Cileutak, Kp. Cieceng, Desa Sindang Asih, Kec. Cikatomas
29. Curug Gado Bangkong, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong
30. Curug Wayang, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong.
31. Curug Putih, Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong
32. Curug Ciwatin, Desa Linggalaksana, Kec. Cikatomas
33. Curug Panganten, Kp. Malaganti, Desa Sukaharja, Kec. Sariwangi

Pertanyataan sekarang: sudah siapkah Pemerintah Daerah Tasikmalaya mengangkat potensi wisata curug tersebut? Sangat disayangkan jika potensi wisata alam tersebut kurang digarap secara maksimal. Inilah tangung jawab pemerintah setempat untuk menggarapnya dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat setempat, investor, hingga para pegiat dunia internet (netizen), dan pengelola akun media sosial atau para blogger yang mengangkat wisata di Tasikmalaya.

Pemerintah Daerah Dituntut Bisa Melihat Peluang
Potensi wisata curug memang sangat menjanjikan. Hal ini berdasar pantauan tim wisatajabar.com dari tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang, baik pantauan langsung ke lokasi maupun analisis data internet. Objek wisata curug ternyata kian hari menjadi primadona. Sebagai contoh di Bandung, wisata curug ternyata menjadi favorit para pengunjung, salah satunya Curug Pelangi. Curug di daerah Jln. Kol. Masturi, Cisarua, Kab. Bandung Barat tersebut menjadi primadona wisatawan lokal maupun turis asing.

Dengan pengemasan dan pembenahan serius dari pihak Perhutani dan pemerintah setempat, air terjun tersebut bersalin rupa lebih cantik dengan pembenahan lokasi, fasilitas, hingga akses jalan. Bahkan pihak Perhutani berani mengganti nama Curug Cimahi menjadi Curug Pelangi yang di mata wisatawan lebih menjual.

Hasilnya, per bulan ribuan pengunjung menyambangi curug tersebut dan tentunya mengalirkan pemasukan bagi kas daerah Kab. Bandung Barat dari sektor wisata. Akankan Tasikmalaya bisa mengandalkan potensi wisata air terjun sebagai salah satu unggulan penarik wisatawan? Kita tunggu saja.

share to whatsapp