Wisata Jabar

Minat Asuransi untuk Investasi di Jawa Barat Semakin Meningkat



Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Jawa Barat bergeliat menjadi salah satu wilayah dinamis yang menunjukkan perekonomian serta kesadaran masyarakat akan investasi yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari indikasi meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai asuransi dan investasi seiring dengan pertumbuhan ekonomi.

Investasi Melalui Asurani
Peningkatan kemampuan keuangan warga tersebut salah satunya dengan makin berminatnya masyarakat Jabar untuk mengikuti asuransi. Dimana asuransi bukan sekadar memperoleh proteksi namun juga untuk berinvestasi.

"Pada tahun 2016 minat masyarakat Jabar, khususnya Bandung, untuk berinvestasi di pasar modal terus menunjukkan peningkatan. Hingga April, total investor baru di Jabar sejak awal tahun mencapai 8.611 SID," demikian kata Kepala Kantor Perwakilan BEI Bandung Hari Mulyono, pada  Minggu 15 Mei 2016.

Menurutnya, investor pasar modal (single investor identity/SID) baru asal Kota Bandung sebanyak 451 SID, diikuti Jakarta Timur 444 SID, Jakarta Barat 432 SID, Jakarta Selatan 396 SID, dan Bekasi dengan 391 SID. Pada April 2016, Jawa Barat menempati posisi kedua di bawah DKI Jakarta yang mencatat 1.665 SID dan di atas Jawa Timur yang membukukan 1.282 SID.

Tingkat kesadaran masyarakat untuk investasi dengan memilih jalur asuransi dijembatani oleh Commonwealth. Pada Rabu, 16 Maret 2016 lalu, Kantor Pemasaran Commonwealth Life telah diresmikan di Jln. Wastukancana No. 87, Kota Bandung.

"Untuk Bandung sendiri menyimpan potensi yang besar untuk pertumbuhan asuransi unit link. Meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai asuransi, investasi, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang juga berdampak pada meningkatnya kemampuan keuangan menyebabkan asuransi unit link kian diminati. Melalui produk tersebut masyarakat selain memperoleh proteksi juga dapat berinvetasi." demikian ujar Alternative Distribution Channel Director Commonwealth Life Pieter Wattimena.

Ia pun menambahkan, masyarakat di Tanah Priangan sudah semakin meningkat jumlahnya dan semakin banyak yang menyadari pentingnya proteksi asuransi jiwa dan juga investasi sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Meski pemahaman masyarakat Jabar mengenai asuransi dan investasi terus meningkat, Commonwealth Life tetap berupaya menyediakan fasilitas untuk memudahkan masyarakat memahami kedua hal tersebut.

Fitur Digital Commonwealth Life 
Salah satu cara untuk memperkenalkan manfaat asuransi di era internet ini, Commonwealth Life menghadirkan fitur financial calculator dan fitur digital lainnya di laman www.commlife.co.id. Fitur gital tersebut di antaranya: Commonwealth Life Investra Link, yakni portal e-Services yang merupakan layanan online bagi Nasabah dan Sales Force Commonwealth Life yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Lalu ada Customer e-Services yang menyediakan beragam layanan dan informasi mengenai polis Nasabah seperti jatuh tempo polis, nilai investasi yang terbentuk,promosi yang ditawarkan, dll.

Sementara fitur lainnya untuk pendidikan pengenalan asurani dengan konsep menghibur ada Interactive Games yang memberikan edukasi dasar mengenai perencanaan finansial bagi masyarakat. Games ini memiliki beberapa konsep dasar mengenai perencanaan pengaturan keuangan seperti wirausaha, menabung (save) dan menyumbangkan (donate) yang disertai dengan ilustrasi interaktif dengan karakter-karakter yang lucu dan menarik.

Adapun untuk penyebaran informasi seputar asuransi ada majalah digital interaktif Commitment, berupa majalah triwulan Commonwealth Life untuk nasabah dan juga publik yang dapat mudah diakses dari gawai ipad, iphone, tab dan PC. Majalah interaktif ini berisikan Informasi seputar event-event perusahaan, produk,gaya hidup, market update dan juga menampilkan sosok-sosok terkemuka di tanah air.