Wisata Jabar

Inilah Wisata Kuliner Favorit di Tasikmalaya




Bagi baraya yang sedang berkunjung ke Tasikmalaya, rasa kurang lengkap jika belum menikmati kuliner khas Kota Santri tersebut. Berikut ini beberapa tempat yang kiranya bisa Anda kunjungi untuk memuaskan perut baraya.

1. Bubur Ayam
Ini merupakan alah satu legenda Bubur Ayam di Kota Tasikmalaya. Telah berjualan sejak tahun 1961. Menjadi role model untuk bubur-bubur lainnya di Kota Tasik Jln. Kolektoran/ H. Ikik Wiradikarta - Tasikmalaya Bubur disajikan dalam mangkuk yang ditaburi irisan seledri, cakue, tongcai dan taburan ayam suwir yang hampir memenuhi permukaan bubur.

Ada juga pelanggannya yang suka menambah telur mentah. Jika suka kita juga bisa minta tambahan hati ayam. Ayam yang digunakan memang terbilang banyak, meski demikian ayam yang digunakan untuk bubur bukan sembarang ayam. Kedai bubur ini hanya meggunakan ayam kampung yang berat per  ekornya sekitar 2,5 kg. Kedai ini mulai melayani pelanggannya sejak pukul 6 pagi hingga pukul 2 siang (walau kadang tutup dari jam tersebut).

2. Nasi Tutug Oncom
Nasi tutug oncom (TO) merupakan kuliner khas Kota Tasikmalaya yang tak ada di tempat lain. Olahan oncom bercampur dengan nasi hangat menciptakan sensasi sendiri di lidah. Gurih dan pedas dari cocolan sambal terasi dan sambal hijau membikin penggemarnya, ingin makan terus dan terus lupa berhenti. Tempat sarapan TO yang banyak dikunjungi orang masih berada di kawasan Jln. Kalektoran.

3. Kupat Tahu
Anda bisa mengunjungi kupat tahu Mangunreja di Pasar Kojengkang Dadaha. Pedagang berjualan menggunakan roda dan mangkal dekat lapangan basket. Seporsi kupat tahu berbandrol Rp4.000-Rp5.000 (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Apabila ingin menikmati menu kupat tahu yang lebih mewah bisa mengunjungi Kupat Tahu Kabita di Jalan Tarumanagara dan Kupat Tahu Esah di Jalan Empang.