Wisata Jabar

Profil dan Lokasi Taman-Taman yang Ada di Kota Bandung (1)





Urusan taman, Kota Bandung sejak zaman kolonial Belanda dulu mempunyai histori tersendiri. Taman-taman tersebut ada yang masih eksis ataupun sudah tinggal nama. Sampai saat ini,  Kota Bandung memiliki total 604 taman dan 34 di antaranya ialah taman tematik yang aktif dan ramai dikunjungi oleh masyarakat Bandung. Berikut ini edisi pertama profil dan lokasi taman-taman yang ada di Kota Bandung.

1. Taman Alun-Alun Bandung
Letaknya di depan Masjid Raya Bandung. Berbagai aktivitas bisa dilakukan oleh wisatawan lokal di Taman Alun-alun Bandung yang diresmikan oleh Wali Kota Bandung akhir tahun 2014 ini seperti bermain bola, foto selfie dengan latar belakang rumput sintetis berwarna hijau dan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

2. Taman Jomblo
Di bawah jembatan layang itu kini sudah diresmikan Taman Pasupati atau lebih dikenal dengan Taman Jomblo. Taman yang berada di kawasan Taman Sari Kota Bandung ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung pada, Sabtu 4 Januari 2014. Nama Taman Jomblo yang memiliki luas sekitar 30 X 25 meter itu diberikan untuk mengapresiasi kawula muda Kota Bandung yang belum memiliki kekasih alias jomblo.

3. Taman Film
Taman tematik ke-7 yang diresmikan pada tanggal 14 September 2014. Taman dengan luas 1.300 meter persegi ini bisa menampung hingga 500 orang. Taman Film Bandung dibentuk menyerupai amphiteater dengan tempat duduk dibuat berkelok dan dijajar dari rendah ke tinggi. Alasnya digunakan rumput sintesis yang sangat nyaman.

4. Taman Musik
Taman Musik Centrum di Jln. Belitung Bandung ini diresmikan 1 Maret 2014 sebagai salah satu taman tematik di Kota Bandung. Di sini biasa rutin digelar pertunjukan musik.

5. Taman Fotografi (Taman Cempaka)
Taman ini mempunyai ciri khas dengan tugu huruf "C", berada di Jalan Anggrek (bisa masuk dari arah Jalan Gandapura atau Jalan Riau). Taman ini merupakan wadah untuk komunitas foto berkumpul. Adapun fasilitas yang disediakan di sana yakni kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi, seperti cermin-cermin, spot foto dan lainnya.

6. Taman Lansia
Ini bukan hanya "milik" kaum lanjut usia, siapapun bisa masuk ke taman ini. Taman ini terletak di Jalan Cisangkuy Bandung (dekat Gedung Sate) dan biasa digunakan sebagai tempat olahraga maupun rekreasi keluarga atau hanya ingin duduk santai saja. Lokasinya dekat dengan sentra kuliner Jalan Cisangkuy yang terkenal dengan yoghurt dan kue cubitnya.

7. Taman Pustaka Bunga
Taman ini berlokasi tak jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate yang ada di Jalan Diponegoro. Taman yang dulunya dikenal taman Cilaki ini, kini lebih cantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis.

8. Taman Pet Park
Taman ini lokasinya di Jalan Cilaki (arah timur Taman Lansia). Taman kota ini dapat digunakan oleh masyarakat penggemar hewan peliharaan. Taman ini bukan berarti para pengunjung harus membawa hewan peliharaan, setiap warga bisa memanfaatkan fasilitas di taman ini. Namun, bedanya di taman ini ada penambahan berupa fasilitas yang diperuntukan bagi hewan peliharaan.

9. Taman Vanda
Lokasinya dekat dengan Taman Balai Kota dan Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang (Jln. Merdeka). Taman ini tepat berlokasi di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. Taman ini dilengkapi dengan air mancur yang terlihat indah jika dilihat malam hari.

10. Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang
Pada Kamis, 31 Desember 2015 diresmikan ruang publik baru yakni tepian anak Sungai Cikapayang. Revitalisasi taman yang dekat Taman Vanda ini merupakan proyek percontohan penanganan sungai di Bandung. Di taman ini, pengunjung bisa bersantai sambil melihat bunga-bunga indah atau berselfie ria. Di sebelah timur terlihat Polrestabes Bandung, Gereja Katedral Santo Petrus, serta di selatan ada Taman Vanda  dan berdiri megah Gedung Bank Indonesia.