Wisata Jabar

Kampung Karuhun, Wisata Alam Terpadu di Sumedang





Jika Anda sedang liburan di Sumedang, tempat ini bisa jadi piliha buat wisata bareng keluarga. Namanya Kampung Karuhun yang berlokasi di Desa Citengah (sekitar 7 Km dari pusat kota Sumedang). Paduan alam nan indah dan aneka fasilitas wisata siap memanjakan Anda.

Tempat wisata berupa persawahan dan kawasan hutan tropis ini banyak dikunjungi wisatawan. Dan yang pasti, di sini pengunjung bisa menjajal aneka wahana wisata yang disediakan pengelola Kampung Karuhun. Anda pun bisa menikmati jernihnya aliran sungai atau jalan-jalan di tengah perkebunan teh. Sementara yang hobi selfie, di sini banyak spot buat latar foto, salah satunya di spot Gembok Cinta.

Kampung Karuhun merupakan destinasi wisata terpadu dengan konsep eco green park. Jadi, saat Anda berkunjung akan dibawa kepada nuansa alam yang sangat kental. Untuk mendukung pelestarian alam, Anda bisa ikut menanam berbagai macam bibit pohon yang bisa ditanam di daerah konservasi. Bibit pohon tersebut juga bisa dibawa pulang untuk ditanam sendiri

Berikut ini beberapa fasilitas dan kegiatan wisata yang bisa Anda nikmati di Kampung Karuhun:

1. Waterboom
Anda bisa merasakan sensasi berenang di lembah hutan yang hijau dan asri. Begitu pula di sini bisa untuk tetapi air dimana kadar mineral dan PH serta keaslianya sangat terjaga sehingga tidak merusak kulit.

2. Futsal Lumpur
Bosan main futsal di lapangan sintetis? Coba main futsal lumpur di Kampung Karusuh. Anda bisa bergembira ria sekaligus menggerakkan bada di arena futsal dengan konsep yang berbeda yaitu mengembalikan ke suasana masa kecil dahulu dimana kita bermain bola di area yang berlumpur.

3. All Terrain Vehicle (ATV)
Ingin menjajal track dekat sungai dengan medan yang variatif menanjak, menurun, miring, dan sesekali melintasi tanah berlumpur? Coba geber motor ATV di sini yang akan memacu andrenalin tidak hanya bagi anak-anak tapi juga dewasa.

4. Wisata Petualangan (Adventure)
Anda bisa menjajal kendaraan dengan teman-teman dimana naik kendaraan yang bisa diisi 4 hingga 9 peserta. Titik keberangkatan dari kawasan kampung karuhun kemudian menyusuri jalan kecil sampai di perkebunan teh petualangan. Petualangan dilanjutkan menyusuri medan offroad di tengah perkebunan teh dan berakhir di kampung Buhun.

Kampung Buhun adalah sebuah perkampungan asli yang sudah sejak lama berada di kawasan perkebunan dan hanya ditempati oleh 28 KK. Setelah berhenti beberapa saat kemudian, petualangan menjelajahi treka dilanjutkan mengunjungi Curug Cigorobog yang terletak di lembah antara dua bukit. Curug ini dipenuhi pepohonan dan Anda dengan teman-teman bisa langsung nyebur di air yang jernih dan masih alami di curug ini.

5. Kemah Ekslusif
Malam hari akan semakin terasa indah saat Anda berkumpul dengan keluarga atau teman-teman di sebuah bangunan rumah dengan konsep camping. Rumah tersebut berada di samping sungai. Sehingga Anda bisa merasakan bagaimana suasana alam terbuka di malam hari. Rumah ini berkapasitas 6 orang per bangunan. Adapun fasilitas yang disediakan ada tempat tidur, toilet, api unggun, dan lainnya.

Sementara fasilitas lainnya ada tempat bersantai bernama Sky Tea House. Menyeruput secangkir teh hijau yang diolah secara tradisional disertai makanan kampung seperti ubi, pisang, kacang, atau singkong rebus bikin suasana ala di kampung. Untuk minuman, Anda akan disuguhkan bandrek dan bajigur. Di sini pun tersedia makana modern lainnya.

Jika ingin makanan berat, di sini pun ada restoran yang menyajikan menu andalan Cobek Karuhun yakni kuliner yang menyajjikan perpaduan resep buhun yang diolah chef berpengalaman dalam mengolah cobek ikan. Makan Anda akan dilengkapi nasi liwet komplit dibuat secara langsung dan disajikan dengan alas daun pisang plus ikan asin peda, ayam goreng, dan karedok. Fasilitas lainnya yang ada di sini ada meeting outdoor, Pojok Seni, cottage, Saung Budaya, meeting room, hingga penangkaran rusa.

Kampung Karuhun Sumedang
Jln. Pagar betis, Desa Sumedang, Kec Sumedang Selatan
Citengah, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Kontak telepon: 0812-2090-6211
Jam buka: pukul 08.00 - 17.00 WIB