Kawasan Wisata Situ Bagendit yang Makin Genit Setelah Direvitalisasi



Situ (Danau) Situ Bagendit berlokasi di Kampung Cipare, Desa Sukamukti, Kec.Banyuresmi Kab. Garut. Jarak kawasan wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota Garut yaitu 4 km. Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan dan ojek. Kualitas pemandangan dan tingkat keamanan sepanjang jalan di kawasan objek dan daya tarik wisata ini cukup baik.

Pada akhir 2020 lalu, kawasan ini dilakukan penataan besar-besaran dengan dilangsungkan groundbreaking (peletakan batu pertama) penataan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit pada Rabu, 11 November 2020.

Salah satu ajakan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah kolaborasi kawasan wisata dengna  pemberdayaan pesantren, misalkan mereka punya produk apa, sediakan disini dan sebagainya. Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan revitalisasi Situ Bagendit ini memakan biaya 81 Milyar yang berasal dari bantuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jelasnya, nilai kontrak pada penataan kawasan Situ Bagendit yakni sebesar Rp81.172.754.000 dengan lingkup pengerjaan antara lain, pembangunan pintu masuk dan area parkir, area plaza, dermaga wisata, amfiteater, pujasera, masjid, serta bangunan penunjang lainnya. 

Total lahan yang dibutuhkan pada penataan tahap pertama seluas 3,5 hektare, pedestrian dengan panjang 6,7 kilometer, dan pembangunan Pulau Nusa Kelapa seluas 2,3 hektare. Sementara jangka waktu yang ditetapkan dalam kontrak tersebut yaitu selama 435 hari atau kurang lebih 14 bulan.

Revitalisasi Situ Bagendit ini, dilakukan secara professional dan tidak sampai terbengkalai. Sementara Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono, melalui aplikasi video telekonferensi mengatakan, Situ Bagendit merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat.

Wajah Baru Situ Bagendit

Revitalisasi Situ Bagendit ini memakan waktu selama 14 bulan dan akan dibuka pada awal 2022 dan akan menjadi objek wisata kelas dunia yang berasal dari Kabupaten Garut. Masuk ke kawasan wisata di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut ini terdiri dari tiga gate yang merupakan akses masuk bagi pengunjung.

Masuk ke dalamnya, pengunjung akan disuguhi 6 zona yang meliputi beberapa fungsi, yaitu zona satu berupa wisata publik ,zona dua berupa area kuliner, zona tiga berupa area green school, zona empat berupa area komersil , zona lima berupa area water sport , serta zona enam berupa area masjid dan konservasi.

Dari berbagai zona tersebut, pengunjung dapet menikmati berbagai fasilitas, antara wisata air, ruang terbuka, taman, amfiteater, dermaga, taman teratai, plaza utama, plaza edukasi, ruang kuliner, kios oleh-oleh, parkir kendaraan, hingga toilet.

Lalu, akan ada pula Pulau Nusa Kelapa yang nantinya terdapat masjid, menara pandang, plaza utama, area literasi, playground, sky bridge, dermaga, jembatan, plaza air, hingga kawasan konservasi. Setiap zona pun dihubungkan oleh jalur pedestrian yang terbagi ke dalam dua tipe, yaitu pedestrian dengan tanggul dan elevated pedestrian.


----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS