Sungai Ciputrapinggan Destinasi Wisata Alam yang Bakal Jadi Primadona di Pangandaran


Seiring meningkatnya gairah kunjungan wisata ke Pangandaran, tentu saja pengembangan wisata sangat diperlukan agar wisatawan tak terfokus di satu tempat saja. Untuk itu kini Pemda Pangandaran melirik untuk membuka wisata baru, yaitu wisata menyusuri Sungai Ciputrapinggan mulai dari muara di laut sampai muara di Bendungan Matras.

Hal ini disampaikan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat bertemu dengan masyarakat sekitar sungai ciputrapinggan, di Blok Pamegeulan, Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang. Minggu,13/6/2021

Dalam pertemuan tersebut hadir tokoh masyarakat Ibu Susi Pudjiastuti, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran, Camat Kalipucang, Camat Pangandaran dan beberapa Kepala Desa. Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menyampaikan bahwa sungai ciputrapinggan tidak terlalu panjang dan penduduknya juga terbatas sehingga memudahkan pengendalian. 

“Kita ingin coba mendesain, kan wisata kita sudah bagus seperti hari minggu ini banyak pengunjungnya. Untuk itu kenapa kita mulai dari Putrapinggan selain sungainya tidak terlalu panjang, juga penduduknya terbatas sehingga memudahkan pengendaliannya,” ujarnya usai acara.

Menurut Bupati, ide ini timbul setelah dirinya bersama Bu Susi menyusur Sungai Ciputrapinggan.

“Idenya kita berdiskusi dengan Bu Susi, saya diajak mengarungi Sungai Ciputrapinggan, saya tanya apakah ini bisa dijual, menurut beliau bisa asal sampahnya gak ada,” ujar Bupati.

Untuk mengelola sampah pihaknya akan segera memerintahkan Camat dan Dinas Lingkungan Hidup untuk menyelesaikannya.

 “Saya memerintahkan Camat untuk sosialisasi 1 minggu dan 1 Juli sudah bersih sampahnya. Untuk pengelolaan sampahnya nanti kita bekerjasama dengan DLHK,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Susi Pudjiastuti menuturkan sangat senang karena adanya sosialisasi terkait penanganan sampah di Sungai Putrapinggan, sehingga nanti bisa dijadikan objek wisata baru. 

“Saya senang ada sosialisasi hari ini, akhirnya tercapai keinginan kita mulai 1 Juli Sungai Putrapinggan bebas sampah dan semestinya sungai-sungai lain juga sama, karena sungainya cantik bisa untuk objek wisata baru,” ujar Susi.

Lanjut Susi, Sungai Ciputrapinggan sangat bagus untuk dijadikan tempat wisata baru.

“Bisa dari muara ke muara, ditengah ada trap bisa jadi terminal, tapi jangan tebang bakau, tebang dahon, mereka harus dijaga,” ujarnya.

Sungai Siputrapinggan merupakan salah satu sungai yang lumayan besar, memiliki ciri air warna biru toska, di sepanjang sisi sungai banyak pohon dahon sehingga ini sangat menarik untuk dikunjungi dan dicoba. Untuk mengetahui sungai ini bagi wisatawan tak perlu pusing dan bingung, karena kalau akan memasuki pangandaran wisatawan akan melintasi salahsatu jembatan itulah Sungai Ciputrapinggan. ** (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran)