Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Cicalengka Dreamland



Wisata Bandung Timur memang selama ini kalah ngehits dibanding dengan wisata Bandung Utara (Lembang) atau Bandung Selatan (Ciwidey). Namun, pada November 2020, terjadi kehebohan di jagat maya dengan hadirnya nama tempat wisata yang berada di antara kawasan Gunung Kareumbi dan Curug Cinulang.

Pengelola sempat melakukan soft opening objek wisata baru berkonsep selfie tersebut pada Minggu, 15 November 2020 dengan menggratiskan kunjungan dari penduduk sekitar Cicalengka Dreamland sampai 27 November 2020. Namun, beredarnya foto dan video kerumunan pengungjung yang menimbulkan kemacetan total itu pun sampai viral di media sosial. Hingga akhirnya, pemerintah Kab. Bandung pun sempat meminta menutup tempat wisata ini karena dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Di luar itu, antusiasme masyarakat yang penasaran dengan tempat wisata baru di Cicalengka ini tak surut. Hal ini terlihat dengan masih trendingnya tempat wisata Cicalengka Dreamland di medsos, terutama instagram. Netizen banyak yang menanyakan kepada pengelola terkait pembukaan tempat wisata ini.

Adapun sisi menarik dari Cicalengka Dreamland ini adalah konsep wisata perbukitan di Bandung Timur yang bisa dibilang unik dan masih langka untuk ukuran di kawasan ini. Memang sebelumnya, di kawasan Bandung Timur ini, khususnya kawasan Cicalengka dikenal tempat wisata Curug Cinulang, Gunung Kareumbi, dan tentunya view di Bukit Teletubbies yang sempat ngehits. Namun, untuk konsep dan penataannya masih dibilang standar-standar saja.

Berbeda dengan Cicalengka Dreamland ini yang benar-benar dikonsep dan penataan fasilitas backround selfie alam terbuka bertema islami dan budaya.  Oh, ya untuk lokasi Cicalengka Dreamland sendiri berada di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.  Dreamland Cicalengka ini memiliki luas 2,3 hektar, dimana perharinya bisa menampung 500 sampai 1.000 pengunjung.

Buat akses lokasinya, dari keluar tol Cileunyi ke arah timur yakni ke arah Cicalengka/Parakan Muncang atau Jalan By Pass Cicalengka. Dari Jalan By Pass ini, calon pengunjung tinggal belok kiri ke arah Bukit Teletubbies yang ada di perbukitan belakang Gunung Geulis atau ke arah Gunung Kareumbi/Curug Cinulang.

Sampai akhir November 2020 ini tiket masuk masih gratis. Dimana para pengunjung hanya membayar biaya operasional parkir untuk kendaraan. Namun ke depan, setelah grand opening pada 28 November 2020 pengunjung akan dikenai biaya tiket Rp10.000 untuk anak-anak (4–10 tahun) dan Rp15.000 untuk dewasa.

Adapun untuk biaya parkir, motor Rp5.000 dan mobil pribadi sebesar Rp10.000. Untuk jam operasional Cicalengka Dreamland buka mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 17.00 WIB petang (weekday). Saat weekend jam operasional dimulai pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 18.00 WIB petang.

Buat yang penasaran penampakan fasilitas dan tanya-tanya info seputar Cicalengka Dreamland, bisa pantau di akun instagram @cicalengkadreamland.