Wisata Jabar

Kawasan Wisata Pantai Garut Selatan Kembali Dibuka, Langsung Jadi Tujuan Pelancong


wisata pantai santolo garut juli 2020

Berdiam diri di rumah dalam waktu beberapa bulan memang menjenuhkan. Ketika masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal dibuka, tak sedikit masyarakat yang merindukan suasana panti untuk melepas kejenuhan tersebut. Buat di Jawa Barat sendiri kawasan wisata pantai yang jadi favorit adalah di bagian selatan, seperti Pantai Pangandaran atau beberapa objek wisata pantai di Garut Selatan.

Nama Pantai Santolo, Sayang Heulang, atau Rancabuaya kerap diserbu pengunjung. Untuk aksesnya pun bisa melalui jalur Garut Kota melewati Gunung Gelap ke daerah Pameungpeuk. Namun, akses alternatif lain yang kini banyak diminati, terutama yang hobi touring motor, yakni melalui jalur Bandung - Pangalengan - Cukul - pantai Garut Selatan. Ada juga para bikers yang menjajal lewat jalur Bandung - Ciwidey - Rancabali - Naringgul/Cidaun - pantai Garut Selatan.

Dan kini, kawasan wisata pantai di Garut Selatan pun mulai dibuka oleh Pemkab Garut. Dengan syarat, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Santolo dan sekitarnya harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, salah satunya selalu menggunakan masker.

Dan sejak dibukanya wisata pada 8 Juni 2020, objek wisata Garut Selatan kembali bergeliat dan roda perekonomian masyarakat pun perlahan bisa kembali bangkit. Salah satunya, Pantai Santolo di Kabupaten Garut, saat kembali dibuka langsung disesaki para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah.

Misalnya pada akhir pekan minggu lalu, sejak pagi ini, pengunjung masih terus berdatangan.  Dan untuk menjaga protokol kesehatan pihak Life Guard pun rutin melakukan sejumlah pemeriksaan kepada wisatawan yang datang dengan dibantu dari Dinas Kesehatan dan puskesmas.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2020 objek wisata yang boleh dikunjungi di Garut di antaranya pantai, danau, maupun wisata alam lainnya seperti alam pegunungan yang menjadi ciri khas daerah Garut. Sedangkan wisata pemandian air panas baru dibuka pada Juli 2020 dibuka, salah satunya di kawasan wisata Cipanas, kawasan Tarogong, Garut.

Selain itu, objek wisata alam di Kab. Garut yang terbuka untuk umum selain sepanjang pantai selatan Garut, juga wisata danau seperti Bagendit di Kecamatan Banyuresmi dan Cangkuang di Kecamatan Leles.