Wisata Jabar

Festival Manggis Bakal Digelar di Purwakarta



Bagi urang Sunda, buah manggu atau manggis dalam bahasa Indonesia merupakan buah favorit masyarakat. Salah satu daerah penghasil buah Manggis di Jawa Barat adalah Purwakarat. Manggin jadi salah satu hasil perkebunan unggulan di Kabupaten Purwakarta. Di daerah ini dikenal juga sebagai pengekspor buah manis beragam manfaat bagi kesehatan tersebut. Puluhan ribu buah manggis diekspor tiap tahunnya dari kabupaten ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati buah khas daerah tropis ini, pada pertengahan Maret 2020 nanti biasa berkunjung ke Purwakarta. Sebagai informasi, ada lima kecamatan sentra produksi di Kabupaten Purwakarta terdapat di Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, Darangdan dan Pondoksalam. Manggis Purwakarta dikenal sebagai manggis varietas unggul Wanayasa berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 571/Kpts/SR.120/9/2006 tanggal 25 September 2006.

Saat ini buah manggis di Purwakarta sudah mulai memasuki masa panen raya. Seperti tahun kemarin, pada panen raya kali ini akan kembali digelar Festival Manggis pada Sabtu, 14 Maret 2020. Festival ini akan digelar di Balai Penyuluh Pertanian di Kecamatan Kiarapedes.

Sebagai informasi .periode panen buah manggis di Kabupaten Purwakarta biasanya dimulai pada Januari hingga awal Mei. Pada Maret ini diperkirakan menjadi masa panen raya buah manggis dengan produksi terbanyak. Saat musim hujan seperti sekarang ini diharapkan kualitas yang dihasilkan juga bagus dalam rangka menunjang kebutuhan ekspor.

Selama ini, rata-rata produksi buah manggis saat panen raya sekitar 47 ton per hektare. Hasil panen tersebut, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal (domestik), tapi juga untuk komoditas ekspor. Keunikan manggis Purwakarta adalah punya khas tersendiri. Dimana, dari teksturnya yang lembut dan kulit luarnya yang mulus, juga dari perpaduan rasanya yang manis asam. Manggis khas Purwakarta pun memiliki daya tahan yang cukup lama. Sehingga, jika nantinya disimpan dalam ruangan bisa bertahan hingga 28 hari dengan kondisi masih segar.