Wisata Jabar

Jelang Operasional, Ini Info Seputar Jalur Kereta Api Cibatu - Garut

share to whatsapp




PT KAI kembali melakukan pengecekan reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut pada Jumat (31/1./2020). Dalam pengecekan yang diikuti oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro beserta jajaran direksi lainnya ini untuk memastikan kesiapan prasarana mulai dari jalur rel, persinyalan, dan juga stasiun yang akan digunakan sepanjang jalur Cibatu-Garut. Taergetbta minggu kedua bulan Februari bisa dilakukan uji coba. Warga Garut, Wanaraja juga bisa naik. Bisa bablas sampai Cibatu, Bandung bahkan sampai Jakarta.

Saat ini progres reaktivasi hampir selesai, dimana rel telah tersambung dari Stasiun Cibatu hingga ke Stasiun Garut. Berikut ini informasi seputar reaktivitas jalur kereta api Cibatu - Garut:

1. Perbaikan stasiun dan perizinan
Hingga awal Februari 2020, perbaikan stasiun juga sudah hampir selesai seluruhnya. Tinggal sedikit yang perlu diselesaikan. Pihak KAI sendiri tengah berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait perizinan operasional jalur kereta tersebut.

Rencananya minggu kedua bulan Februari 2020, akan dilaksanakan uji coba. Tujuh sampai 10 hari setelah itu jika perizinannya keluar maka kereta api Cibatu - Garut akan dioperasionalkan secara komersial.

2. Jalur kereta api
Jalur kereta Cibatu-Garut masih single track, jadi dalam sehari hanya dilakukan 4 kali perjalanan PP dan KAI akan akan fokus pada jumlah kereta dalam satu rangkaian serta menambahkan gerbong untuk barang.

Kehadiran transportasi kereta api di Garut dapat meningkatkan konektivitas, membuka potensi wisata baru, dan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan sekitarnya. Jika penumpang Garut ke Jakarta banyak, maka tidak menutup kemungkinan akan dibuat jalur langsung ke Jakarta tanpa harus menyambung kereta lain.

3, Mendukung pariwisata Garut
Nantinyam para wisatawan dapat lebih mudah mengakses wilayah Garut dimana sebelumnya hanya dilayani oleh jalur darat yang kerap mengalami kemacetan. Dibandingkan dengan moda transportasi lain, kereta api memiliki keunggulan dalam hal keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan. Sementara terkait reaktivasi jalur Garut-Cikajang, PT KAI saat ini masih fokus dengan relasi Cibatu-Garut tersebut.

4. Harga tiket kereta api Cibatu - Garut
Terkait harga tiket, KAI belum menentukan untuk rute ini dikarenakan masih dalam proses perhitungan. Namun dipastikan harga tiket yang ditetapkan akan terjangkau dan selama masa promosi akan digratiskan. Melihat antusiasme warga untuk jalur kereta Cibatu-Garut ini, dipastikan warga akan memanfaatkan kereta ini dengan baik.


share to whatsapp