Wisata Jabar

Piamari Aquarium Pangandaran Rencananya Akan Diresmikan Maret 2020

share to whatsapp



Lokasi Piamari Aquarium Pangandaran

Nama Piamari Pangandaran makin jadi trending di pencarian online.  Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute  yang dibangun di kawasan Pelabuhan Ikan Cikidang Babakan ini dipastikan akan makin menyedot kunjungan wisatawan ke Pangandaran. Piamari Aquarium sendiri dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Piamari berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. Piamari dibangun dengan beberapa fasilitas multifungsi yaitu:
- kawasan wisata
- wahana edukasi seperti aquarium
- museum Iptek Kelautan dan plaza selain kawasan wisata mangrove yang tetap dilestarikan
- pusat penelitian kelautan kawasan Samudera Hindia mengenai ekosistem, kawasan perairan, dan dasar laut
- workshop teknologi kelautan.

Bila tidak ada aral melintang, rencananya Piamari Pangandaran akan mulai beroperasi pada Maret 2020 mendatang. Di gedung Piamari, ada tiga akuarium dimana dari tiga akuarium tersebut, terdapat schooling aquarium (air laut) yang akan berisi ikan laut yang bersifat bergerombol. Misalnya ikan ekor kuning, siganus sp atau rabbit fish, bawal, dan ikan lainnya. Akuarium itu berbentuk bulat dengan dimensi tinggi tujuh meter diameter lima meter.

Fasilitas lainnya ada juga Theatre Aquarium atau Main Aquarium (air laut) yang merupakan akuarium utama. Ukurannya mencapai tinggi 4,2 meter, lebar 10 meter, dan panjang 32.5 meter. Akuarium ini, , akan diisi oleh jenis-jenis ikan laut tropis yang termasuk kategori endangered species atau hampir punah. Misalnya, ikan hiu, pari, penyu, dan exotic species seperti jenis ikan hias yang ada di Indonesia dan Crustacea. Akuarium itu pun akan difungsikan sebagai akuarium genetik untuk riset terumbu karang.

Sedangkan akuarium ke tiga adalah tunnel aquarium (air tawar) yang memiliki dimensi tinggi tiga meter, lebar tiga meter, dan panjang 48 meter. Akuarium ini akan berisi aquascape dengan beberapa spesies ikan hias air tawar yang pada saat ini sedang dikembangkan oleh BRSDM.


share to whatsapp