Wisata Jabar

Inilah Desain Alun-Alun Pangandaran yang Bakal Direvitalisasi Tahun 2020

share to whatsapp



Desain Alun-Alun Pangandaran Terbaru

Sebagai salah satu kawasan wisata yang digadang-gadang jadi Bali kedua, Pangandaran terus berbenah dalam urusan infrastruktur dan fasilitas. Pemprov Jabar pun mendukung penuh terhadap pembenahan Kab. Pangandaran sebagai daerah wisata unggulan di Jawa Barat. Daerah di Priangan Timur ini bukan hanya membenahi tempat wisata kawasan Pantai Pangandaran namun juga lokasi-lokasi lainnya.

Alun-Alun Pangandaran diDesa Cintakarya, Kecamatan Parigi
Salah satunya, kini sedang direvitalisasi kawasan Alun-Alun Pangandaran yang digarap bareng oleh Pemkab Pangandaran bersama Pemprov Jabara.  Kawasan Alun-Alun di Pangandaran akan dibangun di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi pada 2020 nanti. Pembangunan Alun-alun yang berlokasi di dekat Kampus Unpad Pangandaran.

Bila melihat posisi geogradis, posisi Desa Cintakarya sendiri berada di tengah-tengah atau mudah diakses dari Langkaplancar, Padaherang, Pangandaran, maupun dari Cimerak. Alun-alun Pangandaran akan dibangun dengan konsep yang luar biasa. Menurutnya, titik keramaian di wilayah Pangandaran nantinya tidak terpusat di suatu tempat, tetapi menyebar di beberapa lokasi.

Fasilitas di Alun-Alun Pangandaran terbaru
Nantinya, di Alun - alun Pangandaran ini terdapat beberapa penunjang mulai Pintu masuk (entrance) utama, Pelataran upacara, Taman kecil, Taman bermain, Area hijau, Pelataran pandang, Lapangan olahraga, Entrance parkir mobil (di bawah lapangan olahraga), Food court, UMKM, Amphitheater, Parkir Kendaraan. Fasilitas lainnya bakal dibangun taman baca. Area ini diperuntukan bagi warga yang gemar membaca. Area ini juga bisa digunakan oleh anak sekolah dalam mengisi waktu belajarnya.

Di Alun-alun Pangandaran pun akan dibangun miniatur bunga reflesia. Seperti diketahui miniatur bunga Reflesia pernah menjadi icon Alun-alun Ciamis. Namun setelah Pangandaran berpisah dari Ciamis, kini miniatur Raflesia tersebut dihilangkan.

Saat melepas para peserta Jabar Internasional Marathon 2019 di Pangandaran Sunset pantai barat, Minggu 1 Desember 2019,  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  mengungkapkan di tahun pertama kepemimpinannya sedang menata pantai barat Pangandaran.

Kemudian pada 2020, ada  pengembangan dua lahan milik Pemprov yaitu Pondok Seni dan satu lahan untuk dijadikan destinasi wisata air waterboom dan lain-lain. Untuk urusan infrastruktur dan akses penunjang, akses mulai dari jalur kereta api, rencana jalan tol termasuk pengembangan bandara juga akan terus dilakukannya.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp