Wisata Jabar

Saung Manglid, Destinasi Agrowisata Edukatif di Purwakarta

share to whatsapp



Wisata Saung Manglid Purwakarta

Purwakarta dikenal kental dengan kasundaan. Hal ini bisa dilihat dari nama-nama tempat wisata sampai gedung-gedung pemerintahan. Lebih dari itu, program-program pemerintah pun menggunakan istilah-istilah Sunda. Sajian di tempat-tempat wisata pun banyak yang memperkenalkan khazanah Tatar Sunda.

Seperti halnya di tempat wisata Purwakarta ini yang menghadirkan spot selfie berupa tumpukan carangka. Carangka sendiri bagi masyarakat tradisional Sunda sudah dikenal sejak zaman dulu. Ini berupa barang kerajinan yang terbuta dari anyaman bambu. Ukurannya sih kira-kira segede ember dan biasa untuk mengangkut, misalnya mengangkut hasil-hasil kebun semacam singkong. Berswafoto dengan latar carangka ini bisa ditemui di agrowisata Saung Manglid, Purwakarta.

Saung Manglid merupakan area agrowisata yang edukatif dengan menghadirkan taman bunga yang cocok buat foto-foto. Konsep tempat wisata ini pun juga menghadirkan tempat kuliner dimana pengunjung bisa menyantap hidangan khas sunda yang lezat Saung Manglid sendiri lokasi persisnya di Kampung Parakanceuri - Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Tempat wisata yang mulai naik daun ini menyuguhkan konsep utama kafe and restoran dengan kuliner utama khas Sunda. Adapun aktivitas wisata di sini selain kuliner dan swafoto, pengunjung bisa belajar bercocok tanam, memetik buah dan sayuran, menikmati taman bunga cantik.

Saung Manglid pun tempat yang pas bagi  yang lagi nyari spot buat foto pre-wedding. Juga bisa jadi tempat buat ngegelar gathering komunitas atau perusahaan. Tempat wisata ini pun menyediakan fasilitas buat ngadain outbond. Untuk tempat makan, mengusung beraneka tema, dari tema romantis sampai dengan lesehan pun tersedia di sana. Saung Manglid juga menyediakan tempat meeting berkapasitas 30 orang. Suasana yang artistik di tempat terbuka, sangat mendukung untuk jamuan dan pertemuan.

SAUNG MANGLID - Farming and Art
Kp. Parakanceuri, Desa Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Purwakarta
Instagram: @saung_manglid

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp