Wisata Jabar

Raih API Awards 2019, Inilah Profil Wisata Cikadongdong River Tubing Majalengka

share to whatsapp



Wisata Cikadongdong River Tubing Majalengka

Nama Cikadongdong River Tubing Majalengka mencuat menjadi salah satu penerima penghargaan pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jakarta Pusat yang digelar Jumat malam, 22 November 2019.

Malam itu, Cikadongdong River Tubing menyabet penghargaan Juara 1 kategori Wisata Air Terpopuler. Pemkab dan warga Kab. Majalengka patut bangga, karena Cikadongdong River Tubing Majalengka berhasil menyisihkan nominator-nominator destinasi wisata dari daerah lain di Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Guntur Sakti dan diterima Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M, Pd.

Profil Wisata Cikadongdong River Tubing Majalengka

1. Lokasi dan kelebihan Sungai Cikadongdong
Destinasi Wisata Cikadongdong River Tubing Majalengka Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh.. Sungai Cikadongdong sendiri berhulu di Gunung Ciremai. Apa sih kelebihan tempat wisata tubing ini? Selain menyajikan pemandangan alam nan indah, air sungai yang jernis, arusnya pun tidak begitu kencang dimana terdapat beberapa lokasi jeram yang dimanfaatkan  untuk wahana wisata petualangan di aliran air tersebut. Walau musim kemarau pun, air mengalir deras sehingga pengunjung wisata bisa tetap melakukan river tubing.

2. Akses ke Cikadongdong River Tubing
Jika naik kendaraan umum, bisa naik elf atau angkot menuju Terminal Rajagaluh. Kemudian naik kendaraan pick up. Setelah sampai di Desa Payung, kemudian jalan kaki sekitar 5 menit menuju garis start River Tubing.

3. Tarif wisata di Cikadongdong River Tubing
Bagi yang mau merasakan sensasi uji adrenalin menyusuri sungai dengan tubing, per pengunjung hanya ditarif Rp25.000 untuk weekday dan akhir pekan nambah dikit jadi Rp30.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk
- HTM
- life guard
- alat pelindung diri (APD)
- teh manis
- sewa ban.

4. Kegiatan river tubing
Sebelum menyusuri sungai, para pengunjung akan mendapatkan penjelasan dari pemandu seputar langkah keamanan serta keselamatannya, juga akan ada pemanasan yang harus dilakukan sebelum berangkat menaklukkan sungai Cikadongdong.

Kegiatan River Tubing di Sungai Cikadongdong menempuh jarak sekitar 250 meter dengan dua tahap dengan tantangan berbeda.
a. Tahap pertama, menempuh jarak 50 meter dengan tantangan yang ringan karena arus dan jeram yang dilalui relatif landai sehingga cocok untuk pemula. Start dimulai dari pertemuan dua aliran sungai hingga daerah nusa, yaitu daratan yang terletak di tengah-tengah aliran Sungai Cikadongdong.

b. Tahap kedua, dengan jarak paling jauh sekitar 200 meter, aliran Sungai Cikadongdong berkelok dan memiliki banyak jeram.  Di jalur kedua ini, kita akan melewati jembatan jalan penghubung Desa Payung dan Desa Teja. Lalu akhirnya berhenti di garis finish yang memiliki aliran sungai landai.

CIKADONGDONG RIVER TUBING
Alamat: Desa Payung, Kec. Rajagaluh, Majalengka
Jam layanan wisata tubing:
- Weekday: pkl. 10.00 16. 30 WIB
- Weekend: pkl. 09.00 16. 30 WIB

Harga tiket:
Tiket masuk untuk ke tempat ini gratis
Harga tiket bermain river tubing
- Rp30.000 per orang (akhir pekan)
- Rp25.000 per orang (hari biasa)
* Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Telepon: 0857 - 2227 - 5551
Instagram: @cikadongdong_rivertubing

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp