Wisata Jabar

15 Tempat Wisata Terbaru di Bandung Buat Liburan Natal dan Tahun Baru

share to whatsapp



Tempat wisata favorit di Bandung tahun 2019

Dalam menyambut momen liburan Natal dan Tahun Baru, Bandung selalu menyajikan tempat-tempat wisata yang instagramable dan diburu wisatawan. Buat Anda yang berencana liburan Natal dan Tahun Baru di Bandung, berikut ini beberapa tempat wisata terbaru di Bandung yang bisa jadi pilihan buat Anda dan keluarga dikunjungi.

1. Kampung Asia Afrika atau The Great Asia Africa Lembang
Tempat wisata paling "bungsu" di Bandung ini baru soft launching pada 22 November 2019 lalu. Namun kehadiran tempat wisata di jalur ke Lembang dekat wisata Rumah Hobbit Farmhouse ini langsung jadi trending di media sosial.

Sebelum melakukan grand opening nanti pengelola memberi diskon 50% bagi pengunjung hingga 5 Desember 2019. Harga tiket sudah termasuk dengan satu cup minuman. The Great Asia Africa buka setiap harinya mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 18.00 WIB. Untuk kontak dan cari-cari informasi, bisa pantau akun IG @thegreatasiaafrica.id atau hubungi 0811-2166-000.

The Great Asia Africa sendiri dibangun diatas lahan seluas lima hektare tepat berada di dasar lembah. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Di sini, ada tujuh arsitektur rumah tradisional dari Korea, Thailand, India, Jepang, Indonesia, Afrika dan Timur Tengah. The Great Asia Africa juga dilengkapi rumah tradisional, bangunan ikonik, mini zoo, lift, dan fasilitas penunjang lainnya, objek wisata ditata nyaman bagi wisata keluarga.

2. Kiara Artha Park di Kiaracondong
Lokasinya persis di seberang Jembatan Pelangi Kiaracondong. Destinasi wisata area publik di pusat kota Bandung ini selalu ramai oleh pengunjung, apalagi nanti saat liburan akhir tahun. Kiara Artha Park terletak di Jl. Jakarta, Bandung. Di taman seluas 2,6 hektare ini, terdapat area yang dibangun untuk memperingati Konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan di Bandung pada 1955. Kawasan tersebut dinamakan Taman Asia Afrika.

Dancing fountain atau air mancur menari adalah salah satu spot yang paling banyak menarik pengunjung. Menghadirkan atraksi air terjun yang seirama dengan lantunan musik, ditemani dengan lampu warna-warni jadi daya tarik tersendiri. Di sini pun ada area-area buat selfie berupa lampion-lampion. Untuk itu, waktu yang pas buat datang ke sini adalah sore hari dan malam hari.

Untuk menyaksikan air mancur menari harga tiketnya gratis alias cuman bayar parkir saja. Pengunjung bisa menyaksikan atraksi ini setiap Senin hingga Jumat pada pukul 18.30 dan 19.30 serta hari Sabtu dan Minggu pukul 18.30, 19.30 dan 20.30. Untuk yang berbayar hanya di area Kampung Korea dan area lampion.

3. Lembang Wonderland
Lembang Wonderland berada satu lokasi di Rumah Tahu Susu Lembang. Tak jauh dari gapura masuk Kec. Lembang. Wisata ini menawarkan wahana fantasi penuh warna dengan konsep ala Alice in Wonderland. Lembang Wonderland cocok dikunjungi anak yang menyukai taman bermain, kaum muda yang memburu potret instagramable, dan keluarga yang ingin bersantai.

Ada tiga area utama berupa Magic Forest, Sweet Feel, dan Ice Cream Park. Semuanya menawarkan pengalaman seru seperti di Wonderland. Di malam hari, tempat ini makin menarik dengan atraksi cahaya spektakuler berkonsep glow in the dark. Lembang Wonderland buka pada Senin-Jumat pukul 11.00-21.00 dan Sabtu-Minggu pukul 11.00-22.00. Harga tiket masuk dibanderol Rp 25.000 per orang.

4. Kota Mini di Floating Market Lembang
Wisata instagramable ini berada di kawasan Floating Market Lembang. Kota Mini Lembang memiliki konsep kota berukuran mini dengan nuansa Eropa Klasik. Di sini terdapat bangunan kota seperti rumah sakit, kantor polisi, restoran, dan banyak lagi tapi dalam ukuran mini. Untuk dapat masuk ke Kota Mini Lembang pengunjung akan dikenakan tarif Rp 25.000. Namun, untuk masuk ke tiap bangunan pengunjung tetap harus membayar tarif Rp 25.000 lagi.

Saat masuk ke kawasan ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kota mini ala Eropa dengan segala pernak-perniknya. Pengunjung bisa masuk ke tiap bangunan yang ada. Ada juga wahana hewan di mana pengunjung bisa berinteraksi dengan kucing, kelinci, dan berang-berang. Banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di sini bersama teman dan keluarga.

5. Rumah Belanda Lembang
Tempat wisata di Maribaya Lembang ini berkonsep seluruhnya ala negeri kincir angin Belanda. Di sini terdapat beragam miniatur rumah khas Belada. Ada juga rumah berbentuk klompen, sepatu tradisional Belanda. Rumah Belanda Lembang juga menawarkan persewaan kostum tradisional Belanda yang makin mendukung konsep foto instagramable ala Belanda. Terdapat pula kafe yang menyediakan aneka menu khas Belanda seperti risoles, pumpkin soup, kroketten, bitter ballen, apple pie, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat masuk ke sini pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 tiap orangnya. Rumah Belanda Lembang buka mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore pada hari Senin-Kamis dan pukul 10 pagi sampai 7 malam pada Jumat-Minggu.

6. Taman Lembah Dewata
Lokasinya di kawasan Ganesha Equestrian Lembang. Terdapat danau dikelilingi perbukitan sejuk. Di sini pengunjung bisa bersantai menikmati udara pegunungan, bersepeda, berkemah, naik kereta, bersampan, atau sekadar berfoto. Tak mau ketinggalan, Taman Lembah Dewata juga menghadirkan spot foto instagramable yang berpadu dengan alam.

Wisata Lembah Dewata buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 malam. Untuk masuk wisatawan cukup merogoh kocek Rp10.000 untuk Senin-Jumat dan Rp15.000 untuk akhir pekan dan hari libur besar.

7. Orchid Forest Cikole
Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism. Di sini, ada Orchid House tempat ratusan jenis anggrek dikembangkan. Bunga-bunga penuh warna ini menjadi spot foto Instagramable bagi pengunjung.

Selain melihat keindahan anggrek, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi. Orchid Forest buka mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore pada Senin-Jumat dengan harga tiket Rp 25.000 dan 8 pagi sampai 7 malam pada Sabtu-Minggu dengan tiket Rp 30.000.

8. Panama Park
Tempat wisata permainan terbaru yang berlokasi d Jln. Jenderal Soedirman no. 825 Bandung. Lokasi tempat wisata ini berada di Kota Bandung sebelah barat di dekat perbatasan (Cibeureum/Pal 3). Untuk main di Panama Park 825, tinggal pakai kartu TAP Game Master. Saldonya diisi ulang di depan sebelum masuk gerbang.  Saldo awal kartu masuk tidak terpotong, dimana  hanya ada syarat minimal saldo Rp5.000 tapi saldo teresebut tidak terpotong dan bisa dipakai bermain di dalam.

Adapun untuk menikmati wahananya harganya;
- Permainan mesin kecil (arcade games) Game Master: Rp3000 s.d. Rp4000 / tap
- Snow Park: Rp35.000  dan weekend Rp50.000 per 30 menit. Sudah disediakan jaket, sarung tangan sepatu boot.
- Joy n Fun sebesar Rp50.000 - Rp95.000.

9. Bandung Champion City di Lucky Square Mall
Bandung Champion City (BCC) merupakan replika kota metropolitan mini untuk anak- anak yang dirancang sistematis dan realistis. Lokasinya tak jauh dari Kiara Artha Park ke arah timur. Bandung Champions City yang berlokasi di lantai 8 Lucky Square Mall, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung.  BCC buka setiap hari dengan tiket Rp 150.000 untuk anak dan Rp 100.000 untuk dewasa.

BCC memiliki 77 wahana dan 177 profesi yang akan dikenalkan kepada anak. Wahana yang berada di Lucky Square Mall, Jalan Terusan Jakarta ini diklaim sebagai indoor edutainment theme park terbesar di Indonesia. Sebab luas BCC mencapai 10.000 meter. Sedangkan indoor edutainment theme park lainnya di Indonesia hanya memiliki luas 6.000 meter.

10. Simpay Kimfa Banjaran
Tempat wisata ini terletak di Ciapus, Banjaran. Spot selfie yang ada di obyek wisata ini di antaranya, taman bunga, tembok kerajaan, gazebo, pepohonan, persawahan dan lainnya. Spot selfie favorit di obyek wisata ini ialah menara ikan. Menera berwarna putih dan memiliki.banyak anak tangga itu berdiri di tengah lahan pesawahan. Di atas menara itulah, para wisatawan bebas berfoto selfie dengan pemandangan gunung yang mengelilingi wilayah Banjaran. Fasilitas lainnya di sini ada kolam renang mini buat anak-anak dengan air yang jernih. Untuk HTM saat weekday Rp10.000 dan weekend Rp15.000

11. Victory Waterpak, Sadu, Soreang
Buat ke lokasi wisata main air ini, Anda bisa keluar tol Soroja di Soreang lanjut ke kawasan Sadu yang arah jalan ke Ciwidey.  Kolam renang ini adalah salah satu kolam renang di Bandung Selatan yang tergolong baru dibuka di pertengahan tahun 2019. Tempat wisata ini pun menghadirkan spot-spot selfie yang menarik juga adanya villa buat penginapa.

Lokasi tempat ini dekat dengan pertigaan jalan baru Sadu, pintu masuk Victory Waterpark berada sesudah SD Sadu dan sebelum Rujak Ciherang di daerah Sadu. Jika pengunjung datang dari arah tol Soroja, tinggal lurus saja menuju daerah Sadu. HTM hari biasa Rp20.000 dan akhir pekan Rp25.000.

12. Dago Bakery Punclut
Lokasinya di Punclut yang masuknya dari arah Ciumbuleuit (selatan) dan Lembang (utara). Dago Bakery Punclut adalah destinasi wisata kuliner yang saat ini sedang naik daun di Bandung. Tempat ini memiliki bangunan dengan desain bergaya khas Eropa klasik berbentuk kastil yang sangat indah. Tempat ini bahkan menjadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tersedia restoran dan kafe dengan berbagai menu makanan khas nusantara khususnya Bandung, namun juga tersedia western food.

13. The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya adalah destinasi wisata hits dan kekinian dengan berbagai wahana dan objek foto seperti gantole, balon udara, zip bike, bamboo sky, sky tree, dan ayunan sky wing. Selain itu, pengunjung juga dapat beraktivitas seperti trekking mengelilingi hutan pinus, atau mengadakan acara gathering dan pernikahan.

Di sini pun tersedia wisata kuliner yang menggugah selera. Harga tiket untuk menikmati keindahan tempat wisata yang dikelilingi hutan pinus ini hanya Rp35.000 per orang di weekday dan Rp40.000 di weekend. Lokasi The Lodge Maribaya terletak di Jalan Maribaya No 149 Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung.

14. Pinisi Resto Situ Patenggang
Di sini yang jadi ikon adanya kapal pinisi tepat di sisi Situ Patenggang. Ada juga rawayan atau jembatan gantung terbuat dari kayu besi baja, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk Situ Patenggang sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp18.000 per orang untuk weekday dan Rp23.000 per orang untuk weekend.

15. Curug Malela
Ini tempat wisata di kawasan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang lagi naik daun setelah direvitalisasi. Curug Malela atau Niagara Mini di KBB ini kini makin instagramable dengan menghadirkan plaza berbentuk lingkaran dengan diameter 15 meter, shelter berukuran 4x4 meter sebanyak 8 unit dengan jarak masing-masing 50 meter, pedestrian sepanjang 120 meter, anjungan swafoto berukuran 2x4 meter, taman, toilet, dan jembatan sepanjang 3 meter yang menghubungkan plaza ke anjungan swafoto.Fasilitas lainnya di sini ada area parkir, camping ground, amphiteater mini untuk pertunjukan, gallery craft, foodcourt, track motor, dl

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp