Wisata Jabar

Festival Layang Lakbok 2019 Ajang Promosi Potensi Wisata Ciamis

share to whatsapp



L:ayang Lakbok Fest 2019

Jumat, 27 September 2019, area Pesawahan Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, terlihat meriah. Hari itu digelar event Layang Lakbok Art and Culture Festival atau Festival Layang Lakbok 2019 yang resmi dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.  Malam itu, sinar puluhan layangan yang dihiasi lampu LED pun beterbangan di langit Lakbok bak kunang-kunang.

Bersamaan dengan Layang Lakbok Festival, di Desa Sidaharja turut digelar Jambore Desa Kelurahan 2019 pada 27-28 September yang diikuti sekitar 5.000 kepala desa/lurah dari seluruh desa/kelurahan di Jawa Barat.

Festival ini berlangsung berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 27 - 28 September 2019. Turut mendampingi Guberunr, terlihat Bupati Ciamis Herdiat Sunarya serta Wakil Bupati Yana D Putra. Festival ini berlangsung dengan memberdayakan masyarakat sekitar sehingga turut menjaga ekosistem kebudayaan di tengah-tengah masyarakat Lakbok sendiri. Bukan hanya wisatawan lokal, Festival ini pun menarik minat pengunjung mancanegara.

Layang Lakbok Festival berdampak positif dalam mendorong visi Jabar Juara Lahir Batin melalui kolaborasi dan inovasi dengan mengambil peran dalam kolaborasi seni dan budaya lewat jaringan festival. Layang Lakbok punya jaringan festival, Festival Gayo di Aceh, Festival Silalahi di Sumatera Utara, dan Dieng Festival, merupakan jaringan festival berbasis masyarakat yang ada di Indonesia.
Denurutnya unik.

Layang Lakbok Festival 2019 pun semakin meriah dengan berbagai penampilan seni tradisional yang dimainkan warga Lakbok untuk menghibur pengunjung, salah satunya lewat penampilan Doel Sumbang.

Penyanyi Pop Sunda legendaris ini mengaku takjub lantaran ada festival layangan yang digelar pada malam hari. Doel Sumbang sendiri tampil membawakan sejumlah lagi hits antara lain Sisi Laut Pangandaran, Kalimerah, hingga Arti Kehidupan.


share to whatsapp