Wisata Jabar

Inilah Wajah Baru Alun-alun Sumedang Setelah Direvitalisasi

share to whatsapp



Wajah baru Alun-Alun Sumedang

Pada Kamis, 5 September 2019, Bupati Kab. Sumedang, Dony Ahmad Munir meresmikan penataan Alun Alun Sumedang. Proses pengerjaan dimulai dengan peletakkan batu pertama bersama Wakil Bupati Sumedang dan Anggota DPRD Sumedang.

Nantinya kawasan Alun-alun Sumedang akan menjadi ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan untuk tempat rekreasi, refreshing, olahraga, dan edukasi pendidikan. Alun Alun ini, akan menjadi ramah anak-anak, lansia, ramah lingkungan serta menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi masyarakat Sumedang. Adapun dana pembenahan Alun-alun Sumedang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bantuan anggaran tersebut untuk membangun dan menata Alun-alun Sumedang. Bahkan arsitek atau yang membuat desain gambarnya langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. dalam teknis penataannya, akan dibagi 4 zona. Keempat zona itu, meliputi  zona wilayah utara dan selatan masing-masing dua zona. Setiap zona mengandung berbagai filosofi, seperti halnya zona humaniora, sejarah dan budaya kasumedangan dari para leluhur Sumedang.

Semua filosofi tersebut, diaktualisasikan dalam setiap bangunan yang akan dibangun pada penataannya. Misalnya, filosofi pada bangunan trap, tata letak lantai, gazebo termasuk kolam yang mengelilingi monumen Lingga. Ada air mancur juga. Sementara perubahan yang mendasar, penataan Alun-alun nanti tanpa dikelilingi pagar, melainkan terbuka dari segala arah.


share to whatsapp