Wisata Jabar

Rute Alternatif dan Harga Tiket Terbaru Wisata Pantai Batu Karas

share to whatsapp




Kawasan Pantai Pangandaran adalah destinasi wisata favorit wisatawan. Tak heran bila akhir pekan atau musim liburan, kawasan Pantai Pangandaran selalu ramai pengunjung. Kunjungan wisatawan ke kawasan wisata ini ada yang menggunakan alat transportasi mobil pribadi, bus, hingga yang touring naik motor.

Selain kawasan Pantai Timur Pangandaran, Pantai Barat Pangandara, hingga Batu Hiu, nama kawasan wisata Pantai Batur Karas pun jadi destinasi favorit. Lokasi pantai yang cocok buat surfing ini juga jadi pilihan para turis asing buat melancong ke sini. Bagi Anda yang tertarik buat wisata ke Pantai Batu Karas, berikut ini beberapa informasinya yang semoga bermanfaat buat Anda.

1. Rute ke Pantai Batu Karas
a. Jalur biasa
Anda bis menggunakan jalur keluar tol Cileunyi - Nagreg - Ciawi - Tasikmalaya - Ciamis - Pangandaran - Batu Karas

b. Jalur alternatif lewat Cikatomas
Dari arah Bandung via keluar tol Cileunyi. Lepas dari Cileunyi kendaraan bablas langsung ke Garut kota. Perjalanan dari Garut kota melewati jalur jalan Garut kota -  Cilawu - Tasikmalaya. Lama perjalanan sampai belokan Jln. Sukaraja - Mangunreja (sebelum Singaparna) kurang lebih 1 jam. Namun di sepanjang jalur tersebut di sekitar kawasan wisata Situ Sanghyang (Cibalanarik) terdapat jalan rusak sekitar 2 km. Lama perjalanan dari arah Sukaraja ke Cikatomas sendiri sekitar 1 jam.

Bila ingin ke Batu Karas via Jln. Raya Cikatomas, setelah Masjid Agung Cikatomas terus sedikit ke arah belokan di sebelah SPBU. Dari sini menyusuri Jln. Tawang sampai ke arah Cimerak jalannya sangat mulus dengan kontur turun naik. Oh ya, bagi yang mau main ke Curug Dengdeng pun via jalan ini. Lokasi air terjun ini tak jauh dari arah kita masuk dari belokan di SPBU. Namun buat ke arah curug harus ke dalam lagi karena posisinya agak jauh dari jalan raya.

Lewat jalur Tawang tadi, erus saja lewat jalur ini sampai ada pertigaan di kawasan Cimerak. Bila capek, bisa ngaso dulu di masjid raya di pertigaan Cimerak tersebut. Buat nerusin perjalanan ke Batu Karas, tinggal belok kiri saja dari arah pertigaan tersebut.

Sedangkan jalur kanan tembusnya ke arah pantai selatan ke kawasan wisata Kalapa Genep/Karang Tawulan. Dari Karang Tawulan, jalan mulus nembus ke arah Garut Selatan ke kawasan Hutan Sancang, Santolo, Rancabuaya, dan kawasan wisata lainnya di Jabar selatan. Untuk jalur ke Batu Karas dari Cimerak lewat Cijulang. Di jalur ini pun sebelum Batu Karas bisa menjajal wisata Green Canyon Pangandaran.

3. Harga tiket masuk terbaru Pantai Batu Karas
Berikut ini harga tiket terbaru ke Pantai Batu Karas Pangandaran:
- pejalan kaki: Rp6.000
- sepeda motor: Rp14.000
- sedan: Rp37.500
- minibus kecil: Rp65.000
- minibus besar: Rp92.000
- bus kecil: Rp126.000
- bus sedang: Rp188.000
- bus besar: Rp310.000

* Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu

4. Fasilitas lainnya
Pantai Batu Karas dikenal juga sebagai salah satu spot surfing. Di sini pun terlihat beberapa turis bule sedang asing main selancar. Sementara buat parkiran bisa di arah sebelah sentra souvenir (harga tiket di atas sudah termasuk parkiran). Pengunjung pun bisa menyewa pelampung dengan tarif Rp15.000. Dan untuk kamar mandi/bilas hanya dikenakan tarif Rp4.000. Adapun buat penginapan di kisaran harga Rp150.000 - Rp400.000 / malam.


share to whatsapp