Pangandaran Internasional Kite Festival, Event Wisata Kelas Dunia di Jawa Barat



Pangandaran Internasional Kite Festival 2019 digelar dari Jumat sampai Minggu, 12-14 Juli 2019. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Pangandaran Internasional Kite Festival 2019 di Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (13/7/2019). Pada acara pembukaan, Pantai Timur Pangandaran dipadati ribuan pengunjung. Event ini juga dimeriahkan dengan acara lainnua yaitu Kite Exhibition, Kite Competition, dan Night Flight Kite Festival.

Festival layang-layang yang digelar setiap bulan Juli ini tidak hanya diikuti oleh peserta dalam negeri, tetapi juga mancanegara. Dalam acara pembukaan, Gubernur mengungkapkan festival tersebut bisa mendongkrak citra positif Pangandaran sebagai destinasi wisata. Dia pun larut dalam kebahagiaan bersama peserta dan ikut menerbangkan layang-layang.

Dengan adanya festival tersebut, Emil optimistis target 5 juta wisatawan ke Pangandaran bisa terealisasi pada tahun ini. Menurutnya, wisatawan datang tidak hanya untuk melihat keindahan alam, tetapi juga menyaksikan layang-layang besar menghiasi langit Pangandaran.

Selain itu, kata Emil, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat sedang menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menjadikan Bandara Nusawiru. Tujuannya, supaya akses wisatawan menuju Pangandaran lebih mudah.

Emil juga menyatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp 80miliar untuk penataan pesisir Pantai Barat dan Timur Pangandaran pada tahun ini. Apalagi, pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran kepada Pemerintah Pusat telah menemui titik terang.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan bahwa Pangandaran Internasional Kite Festival 2019 lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak semangat pembangunan Pangandaran.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS