Wisata Jabar

Ngarak Awug Ramaikan Perayaan Hari Jadi ke-188 Purwakarta Pada Sabtu 27 Juli 2019

share to whatsapp



Ngarak Awug HUT Purwakarta 2019

Disporaparbud Kabupaten Purwakarta sendiri telah melansir serangkaian acara menyambut hari jadi Purwakarta ke-188 tahun dan Kabupaten Purwakarta ke-51 tahun. Acara yang telah digelar sebelumnya di antaranya diawali dengan kegiatan mitembeyan sekaligus halalbihalal bersama seluruh lapisan masyarakat dan tokoh-tokoh penting di wilayah ini pada Selasa 16 Juli sekitar pukul 09.00 Wib di Bale Paseban, Pendopo Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Juga berlanjut acara-acara lainnya telah digelar:
- 17 Juli 2019: ‘Muru Indung Cai Purwakarta Istimewa’. Dalam kegiatan ini para pejabat pemerintahan akan membawa air dari sembilan mata air di Wanayasa kemudian dibawa menuju Situ Buleud.
- 19 Juli 2019: theater Purwakarta Indung Budaya.
- 20 Juli 2019: Sidang Paripurna Istimewa dan Festival Kuliner Nyi Pohaci

Sementara acara yang akan digelar Sabtu, 27 Juli 2019 dimulai pukul 19.30 WIB adalah Ngarak Awug yang direncanakan akan pecahkan rekor MURI. Lalu, ada pawai pasukan berkuda, kereta kencana, hingga pawai kesenian berbagai daerah di Indonesia.

Iring-iringan Pasukan berkuda akan bersamaan dengan pasukan patroli motor, patroli mobil. Para pasukan berkuda ini terdiri para camat dari 17 kecamatan di Purwakarta. Setelah Pasukan Berkuda, selanjutnya yang tidak ketinggalan ikut serta adalah Kereta Kencana Purwakarta, mulai dari kereta kencana Nyi Mas Malati hingga kereta kencana Ki Jagakarsa.

Sebagai informasi, Kereta Kencana Ki Jaga Raksa ini sudah dua kali berturut-turut dipercaya membawa bendera pusaka merah putih yang dikirab dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Negara pada perayaan Upacara 17 Agustus tahun 2017 dan 2018 lalu.

Terakhir, iring-iringan yang tidak kalah seru adalah tampilam 20 jenis tari-tarian yang merupakan kesenian perwakilan dari 10 daerah dan 10 provinsi di Indonesia dan akan ditampilkan di panggung kehormatan.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp