Wisata Jabar

Cidomas Blue-Green River, Spot Wisata Alam Instgramable di Purwakarta

share to whatsapp



Sungai Cidomas Purwakarta

Sungai Cidomas terletak di Garokgek, Kiarapedes. Kampung Garokgek berada di perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang. Tepatnya, berbatasan dengan Kecamatan Wanayasa dan Sagalaherang.

Rute ke Sungai Cidomas, Purwakarta
Rutenya sendiri dari Situ Wanayasa ke tempat ini berjarak 8 kilo meter. Terus lurus, sampai menemukan Islamic Center Garokgek (ICG) dengan ciri kubah masjid warna hijau. Beberapa meter dari situ ada gang sebelah kiri, masuk gank lalu lurus saja sampai akhirnya menemukan plang wisata Cidomas.

Meskipun sedang musim kemarau dan aliran air sungai sedang  surut. Tapi justru Cidomas sedang syahdu mendayu. Karena, airnya menjadi jernih sekali bahkan dasar sungai yang biasanya tidak terlihat justru terpampang nyata luar biasa. Wisata sungai ini ramai dikunjungi setelah foto-foto sungai yang bersih disebar luaskan di jejaring internet. Satu per satu pengunjung mulai datang

Aliran Sungai Cidomas sendiri bermuara hingga ke Sungai Cilamaya dan berakhir di Laut Jawa. Di kampung ini, warga dengan swadaya menata bantaran aliran sungai itu hingga lebih rapi. Saung-saung didirikan di pinggiran sungai. Air aliran sungainya pun jernih. Bahkan, kata warga sekitar, aliran airnya bisa berubah jadi kebiru-biruan di waktu tertentu. Warga menyebutnya, Wana Wisata Cidomas, The Blue River.

Spot selfie yang instagramable
Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan background sungai yang sangat indah dengan degradasi warna biru dan hijau dari pantulan sinar matahari. Dijamin, bikin koleksi foto selfie mantap.

Mau berenang? Boleh kok! Bahkan saat menyelam, ikan-ikan hingga udang yang berenang di sungai juga kelihatan. Pokoknya, cocok banget buat liburan murah meriah. Sungai Cidomas dulu sebelum ramai seperti saat ini, digunakan warga setempat untuk mencuci pakaian atau bahkan mandi. Biasanya mereka memanfaatkan aliran sungai Cidomas saat musim kemarau, karena kesulitan mendapatkan air.


share to whatsapp