Wisata Jabar

Wisata Alam Sungai Cireong, Primadona Baru di Ciamis

share to whatsapp



Wisata Sungai Cireong Ciamis

Wisata pesona keindahan alam kian jadi daya tarik para traveller. Daerah-daerah di Jawa Barat sebenarnya menyimpan potensi wisata alam yang bila dikelola dengan baik bakal jadi sektor unggulan daerah. Sayangnya memang masih banyak yang perlu dibenahi dari mulai infrastruktur, fasilitas, SDM, hingga promosi. Namun, ada juga beberapa tempat wisata yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat dari pembenahan sampai manajemen berbasis pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya wisata di Ciamis yang kini jadi primadona wisatawan yang dikenal dengan wisata Sungai Cireong di kaki Gunung Sawal. Wisata Alam Sungai Cireong lokasi persisnya di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Sungai ini menyuguhkan panorama alam Priangan dengan sungainya jernih  dengan hiasan lokasi bebatuan berukuran besar. Aliran Sungai Cireong mengalir melewati Mandalika dan bermuara di Sungai Citanduy.

Meskipun lokasi Sungai Cireong berada di Kabupaten Ciamis, tetapi lokasi wisata ini dekat dengan Kota Tasikmalaya. Untuk rutenya sendiri tak jauh dari jalan raya nasional Sindangkasih. Jarak  ke lokasi sekitar 5 kilometer. Aakses dengan kendaraan bermotor pun mudah dimana jalan menuju Sungai Cireong sudah beraspal.

Setiap akhir pekan dan musim liburan, wisata alam Sungai Cireong biasa jadi favorit wisatawan buat disambangi. Tempatnya memang cocok buat niis dan bagi anak-anak bisa jadi wisata edukasi untuk lebih mengenal alam, daripada terus-terusan main gadget.

Wisata alam sungai Cireong  sendiri dikelola oleh warga secara swadaya antara Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Destinasi wisata baru di Ciamis ini akan bisa lebih berkembang bila ada dukungan dari pihak lain, entah itu pemerintah daerah, CSR perusahaan, ataupun investor.

Untuk tiket masuknya masih bentuknya sumbangan untuk pengelolaan Rp 2.000 per orang. Sementara untuk pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi, dihadirkan konsep "Warung Wisata", “Warung wisata” merupakan inovasi baru yang digagas pihak pengelola bersama Karang Taruna dan BUMDes Desa Sukaresik. Pengembangan destinasi wisata Sungai Cireong ini sedari awal ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Nah, bila Anda sedang nyaba ke Ciamis, tak ada salahnya buat menyambangi tempat wisata alami ini.


share to whatsapp