Wisata Jabar

Piamari, Wahana Rekreasi dan Edukasi Kelautan di Pangandaran

share to whatsapp



Piamari Aquarium Pangandaran

Pangandaran, adalah objek wisata di Priangan Timur yang diminati oleh wisatawan lokal dan luar negeri.  Besarnya potensi wisata yang ada di Pantai Pangandaran, membuat pemda setempat, mulai dari Pemkab Pangandaran dan Pemprov Jawa Barat terus berbenah menata pantai itu menjadi objek wisata pantai kelas dunia. Pengembangan ini pun mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Pusat.

Selain pembenahan kawasan dan pembangunan infrastruktur, di kawasan ini pun nantinya bakal hadir wahana rekreasi dan edukasi bernama Piamari.

1. Apa itu Piamari?
Piamari adalah singkatan dari Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute. Termasuk megaproyek di Kab. Pangandaran dimana merupakan pusat penelitian unggulan milik Pemerintah Indonesia. Area Piamari akan berfungsi sebagai sarana edukasi dan rekreasi. Piamari akan dilengkapi aquarium raksasa bak sea world, laboratorium, museum iptek, kapal penelitian samudera lepas, sejumlah stasiun pemantauan hingga kereta gantung.

2. Lokasi Piamari Pangandaran
Piamari berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

3. Fasilitas dan fungsi Piamari
Piamari dibangun dengan beberapa fasilitas multifungsi yaitu:
- kawasan wisata
- wahana edukasi seperti aquarium
- museum Iptek Kelautan dan plaza selain kawasan wisata mangrove yang tetap dilestarikan
- pusat penelitian kelautan kawasan Samudera Hindia mengenai ekosistem, kawasan perairan, dan dasar laut
- workshop teknologi kelautan.

4. Pembangunan Piamari Pangandaran
Piamari proyek pemerintah pusat melalui pembiayaan multiyears APBN itu akan menghabiskan dana sekitar Rp 325 miliar. Proyek serupa juga ada di Morotai, Maluku. Piamari menghadap ke laut dan dilengkapi dermaga untuk sandaran kapal. Lahan yang disediakan oleh Pemkab Pangandaran mencapai 2,7 hektare.

Anggaran Piamari dibiayai oleh tiga tahun APBN. Proyek yang telah disiapkan sejak tahun 2016 ini rencananya akan dibuka pada Agustus 2019.


share to whatsapp