Wisata Jabar

Pemandian Air Panas Ciracas, Wisata Pilihan di Purwakarta

share to whatsapp



Air Panas Ciracas Purwakarta

Wisata berendam air panas bukan saja di Ciwidey atau Garut, kini ada juga di Purwakarta. Namanya Kolam Air Panas Ciracas, dimana lokasinya di Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Kab. Purwakarta. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa naik mobil atau motor karena kondisi jalannya terbilang bagus.

Sumber air panas ini terbagi menjadi dua kolam pemandian utama dan terpisah antara laki-laki dengan perempuan. Kolamnya sendiri seperti bak di kamar mandi berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 5×10 meter.

Sebetulnya, di tempat ini terdapat sekitar 12 titik sumber mata air panas, beberapa di antaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat. Menurut keterangan penduduk setempat, mandi di sumber air panas alam tersebut di samping dapat memberikan kesegaran jasmani juga dapat memberikan penyembuhan untuk pengobatan penyakit kulit, rematik, pegal-pegal dan lain sebagainya.

Untuk biayanya sendiri gratis, tapi disediakan kotak buat sumbangan kebersihan seikhlasnya. Karena pengelolaan dilakukan swadaya sederhana oleh pemerintah desa setempat. Beres berendam, Mangbro dan Tehsist juga bisa foto-fotoan kece dengan pemandangan alam khas pedesaan. Lokasi sumber air panas ini dikelilingi area perbukitan dan sawah yang hijau. Apalagi jalan beberapa meter dari lokasi berendam, terdapat Sungai Ciherang yang air nya  jernih.


share to whatsapp