Wisata Jabar

Inilah 10 Tempat Wisata Pilihan di Purwakarta Buat Liburan Keluarga

share to whatsapp



Tempat wisata terkenal di Purwakarta

Berikut ini 10 Top Destinasi Wisata Purwakarta buat liburan Anda dan keluarga:

1. Taman Air Mancur Sri Baduga
Di, sedikitnya ada enam taman tematik yang dapat jadi favorit wisatawan. Salah satunya yang terkenal adalah Taman Air Mancur Sri Baduga. Taman di Situ Buleud yang persis berada di pusat kota selalu jadi magnet kunjungan wisatawan.Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi penyumbang terbanyak bahkan sejak beberapa tahun terakhir. Alasannya, selain berada di jantung kota, masyarakat pun penasaran dengan pesona keindahan air mancur terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

2. Taman Batu Purwakarta
Lokasi Taman Batu Cijanun Bojong ini berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp15.000. Kolam mata air berukuran kira-kira 10x6 meter itu, semula dibangun PDAM Purwakarta untuk distribusi air ke wilayah perkotaan.

Kolam mata air Cijanun memiliki keunikan tersendiri. Selain dari air nya yang masih sangat alami (no-kaporit). Lokasinya berada di atas area pesawaan. Jadi semacam 'sky pool' alami. Untuk rutenya, dari Wanayasa lurus ke arah Bojong hingga melewati Pasar Bojong, dan kantor kecamatan Bojong hingga Polsek Bojong.  Beberapa ratus meter dr Polsek Bojong ada gang/pertigaan di sebelah kanan dengan tugu di tengahnya sedangkan. Seberangnya di sebelah kiri ada Indomart, belok kanan terus lurus terus sampai menemukan SD Cipeundeuy. Dekat SD ada pertigaan (pos ronda) belok kanan saja. Dari sana, terus lurus sampai melewat lapang hingga ujung jalan. Sumber mata air dan stone garden ini ada di ujung jalan tersebut.

3. Grama Tirta Jatiluhur
Grama Tirta Jatiluhur, berjarak 15 menit dari pusat kota, dan merupakan tempat rekreasi air yang menyenangkan. Pengunjung bisa berolahraga seperti mendayung, ski air, dan berjalan-jalan menggunakan kapal pesiar.

4. Gunung Parang
Lokasinya di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta. Inilah tempat wisata yang cocok bagi para petualang yang hobi tempat ekstrem. Dari atas ketinggian, Anda bisa menikmati keindahan alam Purwakarta yang begitu menyejukkan mata. Bahkan bila beruntung bisa mendapati momen sunset saat sore hari.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini salah satu favoritnya adalah nginap di hotel gantung (sky lodget) di atas tebing batu, naiknya dengan panjat tebing, dapat melalui jalur ferrata. Ada juga lahan untuk berkemah di atas rerumputan hijau tepat berada di bawah kaki gunung.

5. Giri Tirta Kahuripan
Letaknya di daerah pegunungan sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk dan segar. Inilah destinasi wisata yang dikenal dengan kolam renang seperti di atas awan. Sky Pool di resort Giri Tirta Kahuripan, jadi daya tariknya dan pastingya instagramable banget.

Di tempat ini, pengunjung bisa mencoba sensasi mandi sembari menikmati pemandangan alam di Purwakarta dari atas ketinggian 500 mdpl. Giri Tirta Kahuripan merupakan bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang di dalamnya terdapat fasilitas hotel, restoran, dan aneka spot keren untuk aktivitas petualagan di luar ruangan.

6. Jaya Tirta Abadi
Lokasinya di Kampung Pilar RT 11/04, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Destinasi wisata air ini sangat cocok buat wisata keluarga di musim liburan.Pengunjung bisa bermain air, anak-anak main di perosotan (slider), ember tumpah, kolam anak, dan kolam dewasa. Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah Saung santai, Kantin ( tempat kuliner ), Aula, ATV dan Mini Coaster.

7. Cikao Park
Salah satu andalan fasilitas di tempat wisata di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta ini adalah waterpark. Kehadiran tempat wisata baru tersebut kini mulai dikenal di kalangan wisatawan domestik karena semakin viral di media sosial.

Destinasi Taman Wisata Cikao, yang di dalamnya, menyediakan aneka hiburan bagi keluarga dilengkapi aneka permainan anak, seperti kolam renang, lengkap dengan seluncur dengan ukuran ektra luas, kolam, aneka kereta, perahu danau, dan wisata edukasi aneka satwa, seperti beruang, kanguru, aneka unggas langka dan puluhan spesies burung dan satwa melata lainnya.

8. Curug Tilu
Objek wisata air terjun ini berlokasi di Kampung Ciririp, Desa Kertamanah, Kec. Sukasari, Purwakarta. Keunikan Curug Tilu ini adalah aliran airnya yang mengalir di antara bebatuan berundak. Lebih dari itu, aliran airnya sangat jernih. Tak heran jika wisata air terjun ini banyak dikunjungi para kawula muda yang ingin mengabadikan lewat foto atau menikmati suasana dengan berenang di sini.

9. Museum Diorama
Kesan museum yang kaku dan kurang menarik untuk dikunjungi coba diubah oleh pihak pemerintah daerah Purwakarta. Sejumlah Museum Diorama ada di Purwakarta, di antaranya Diantaranya, Diorama Panyawangan Tatar Sunda, Diorama Nusantara, Museum Wayang dan Diorama Indung Rahayu. Museum-museum ini buka dari Senin dengan Jumat pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB. Dan untuk masuknya gratis.

10. Pasir Langlang Panyawangan (Ujung Aspal)
Tempat wisata alam ini oleh masyarakat setempat disebut dengan Ujung Aspal. Kini, wisata alam Pasir Langlang Panyawangan banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota. Hutan pinus Pasir Langlang Panyawangan terletak di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Persisnya sekitar 5 kilometer dari arah Jalan Raya Cagak–Wanayasa (Legok Barong). Objek wisata rintisan ini berada di kawasan hutan Perum Perhutani, tepatnya RPH Wanayasa, BKPH Cisalak, KPH Bandung Utara.

Untuk aksesnya, dari Situ Wanayasa kurang lebih 4 km dengan medan ke lokasi yang lumayan menanjak. Dari Situ Wanayasa melewati pasar sampai ke arah gapura Desa Pusaka Mulya di Kiarapedes. Dari sana, lurus mengikuti jalan besar hingga menemukan petunjuk jalan menuju Wanawisata Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta. Bagi yang suka menggowes naik sepeda, bisa juga menjajal menuju tempat wisata nan sejuk dan indah di Purwakarta ini.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp