Ridwan Kamil: Tahun 2020 Garut Diproyeksikan Jadi Wisata Kelas Dunia




Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengajak Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BEKRAF Triawan Munaf dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siang ini bertolak ke Stasiun Cibatu, Garut. Dalam agendanya, Sri Mulyani, Arief Yahya, Budi Karya hingga Ridwan Kamil meninjau progres reaktivasi jalur kereta Jawa Barat.

Pada perjalanan kereta api dari Bandung menuju Cibatu, Menteri Keuangan, Menteri Pariwisata, beserta para Menteri lainnya berdialog dengan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) serta Debitur dan Pendamping Pembiayaan Ultra Mikro terkait pengembangan industri pariwisata untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Pusat destinasi pariwisata internasional
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi kolaborasi lima kementerian dan lembaga untuk menjadikan Jawa Barat sebagai pusat destinasi pariwisata internasional. Kabupaten Garut menjadi daerah pertama yang dijadikan percontohan pariwisata yang akan dikembangkan oleh kolaborasi antara Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Badan Ekonomi Kreatif.

Menurut Gubernur, potensi wisata Jabar sangat luar biasa tetapi tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu dimensi saja.

"Ini sebuah momen langka dan strategis lima kementerian/ lembaga berkolaborasi memajukan Jawa Barat, khususnya Garut yang akan dijadikan percontohan sebagai pariwisata unggulan di Jabar karena punya segala potensi dari gunung, laut, pantai, sawah, lembah air terjun dan kearifan lokalnya," kata Ridwan Kamil saat mendampingi kunjungan kerja pemerintah pusat ke Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jumat (26/04/2019).

Gubernur menuturkan, Pemprov Jabar pun telah menganggarkan untuk penataan Situ Bagendit sebesar Rp30 miliar. Ditambah kucuran dari pemerintah pusat sebesar Rp100 miliar.

"Ini komitmen dari pemerintah pusat dan daerah untuk penataan kawasan Situ bagendit, ada anggaran dari provinsi Rp30 miliar dan pusat Rp100 miliar," ujarnya.

2020 pariwisata Garut akan meningkat signifikan
Emil optimistis di akhir tahun 2020 pariwisata Garut akan meningkat signifikan, dari asalnya kelas lokal menjadi kelas internasional.

"Mudah-mudahan di akhir tahun 2020 kita bisa kembali lagi ke sini (Garut) menyaksikan perubahan yang signifikan untuk naik kelas dari kelas lokal jadi kelas internasional. Ini adalah wajah dari komitmen bersama yang harus kita dukung," tutur Emil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kunjungan kerjanya bersama beberapa menteri ke Garut karena ingin memberikan dampak pembangunan yang nyata dirasakan masyarakat.

"Kunker kami adalah kolaborasi sinergi antar Kementerian lembaga dan Pemda karena masalah pembangunan dimensinya multiple," ujar Menkeu.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS