Menteri Pariwisata Usulkan Tiga Pengembangan untuk Memajukan Pariwisata Garut




Festival Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2019 yang berlangsung pada 6-7 April 2019 di Alun-alun Garut menjadi event sekaligus co-branding menggeliatnya pesona wisata Garut. Event pariwisata di Garut sendiri terbanyak tahun ini dimana ada 123 event wisata. Event wisata yang digelar di Garut mengungguli Banyuwangi yang hanya 99 event.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri acara Gebyar Pesona Budaya Garut, di Alun-alun Garut, Sabtu (6/4/2019). Untuk lebih mengembangkan potensi wisata di Kota Intan ini, Menpar mengusulkan tiga terobosan, di antaranya:

1. Memperbanyak spot-spot destinasi yang indah di Garut dan mempromosikan pariwisata menggunakan digital media atau media sosial agar mendunia.
2. Membangun 3 destinasi digital tahun ini yang disesuaikan dengan karakteristik kaum milenial.
3. Pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan wisata. Salah satunya, anak-anak muda di Garut yang lulusan program studi pariwisata agar segera disertifikasi di bidang pariwisata dengan level ASEAN.

Rangkaian acara Festival Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2019 telah dimulai pukul 08.00 WIB yang diisi oleh berbagai pertunjukan seni musik, tari, pawai, dan bazar. Acara juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia untuk permainan alat musik celantung terbanyak yang dibawakan oleh 206 siswa dari Kecamatan Selaawi selama 10 menit.

Secara resmi GPBG 2019 diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dengan penabuhan gendang bersama didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, Bupati Kabupaten Garut Rudi Gunawan, Kadisparbud Jawa Barat Deddy Tufiqurrohman, Ketua DPRD Garut Ade Ginanjar, dan perwakilan duta besar negara sahabat. Setelah penabuhan gendang, pembukaan acara ditandai dengan pelepasan 206 burung pipit.

Selain meresmikan pembukaan Festival Gebyar Pesona Budaya Garut 2019, Menteri Pariwisata juga meluncurkan set menu lokal khas Kabupaten Garut. Mulai tahun ini, restoran dan hotel di Garut akan menyediakan menu khusus khas Kabupaten Garut.

Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Garut yang ke-206 yang diperingati setiap 16 Februari 2019. Dengan mengangkat tema "Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang", Kabupaten Garut berupaya melestarikan budaya bangsa untuk dikenal hingga mancanegara. Bupati Garut, Rudi Gunawan, mengatakan ada 123 event budaya, kesenian, dan pendidikan yang sudah disiapkan sepanjang tahun ini.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS