Wisata Jabar

Keren Banget, Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 Hadirkan Pertunjukan Seni Budaya Hingga Sajian Kuliner

share to whatsapp



Gebyar Pesona Budaya Garut 2019

Event akbar Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) yang digelar pada Sabtu dan Minggu, 06 - 07 April 2019 resmi dibuka sekaligus ditandai dengan melepas 206 burung secara bersamaan. Dalam acara yang dihadiri Meneri Pariwisata Arief Yahya ini dimeriahkan penampilan dari 20 komunitas seni dan budaya, 9 masyarakat adat, perwakilan dari kecamatan dan desa seluruh Kabupaten Garut. Ada pula pertunjukan Rampak Silat Bambu Runcing yang menampilkan 700 pendekar dari 29 padepokan silat.

Gebyar Pesona Budaya Garut dibuka dengan penampilan 206 siswa berbatik yang bermain alat musik Bambu Celentung dari Kecamatan Selaawi yang menjadi alat musik khas dari Kabupaten Garut. Penampilan tersebut memecahkah rekor dunia untuk penampilan 206 orang yang bermain alat musik Bambu Celentung selama 10 menit.

Suara alat musik Bambu Celentung yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memainkannya. Bahan baku Celentung terbuat 100 persen dari bambu, panjangnya kisaran 30 cm. Sedangkan dua bandul yang terpasang di sisi bulatan bambu berfungsi sebagai penabuh. Sehingga ketika digerakan seperti kita menggerakan kecrek dan mengeluarkan bunyi unik.

Pemerintah daerah juga yakin bahwa event Gebyar Pesona Budaya Garut adalah momen tepat untuk mengangkat potensi wisata dan budaya yang ada di Garut. Ditargetkan Gebyar Pesona Budaya Garut akan mendatangkan 150 ribu wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri.

Gebyar Pesona Budaya Garut bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya. Selain itu pada acara ini juga melaunching set menu lokal khas Garut yaitu Burayot, Dodol, Liwet Domba Garut, dan Es Goyobod.

Dengan adanya set menu makanan lokal khas garut pemerintah pusat dan pemerintah daerah berharap dapat meningkatkan makan lokal dari Kabupaten Garut. Acara ini juga di hadiri oleh duta besar dari negara-negara sahabat seperti Serbia, Bosnia, dan Slovakia.

Kementerian Pariwisata mendukung Gebyar Pesona Budaya Garut sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Alun Alun Garut. Pelaksanaan event ini terasa spesial dalam dua tahun terakhir, karena pada tahun 2018 dan 2019 event ini masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

Gebyar Pesona Budaya Garut sudah berlangsung selama 16 tahun. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang, yang kurang lebih artinya adalah Melestarikan Budaya Bangsa untuk Dikenal di Mancanegara.


share to whatsapp