Wisata Jabar

Kemenpar RI Akan Kawal Pengembangan KEK Pariwisata Jawa Barat

share to whatsapp



Menteri Pariwisata Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara Musrenbang Jawa Barat yang dilangsungkan Ballroom hotel Trans Studio Bandung, selasa (2/4/2019). Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh perwakilan berbagai Kementerian, di antaranya Kemendagri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bappenas dan Forkopimda se-Jawa Barat. Musrenbang tersebut diselenggarakan untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keynote speech-nya mengungkapkan kembali komitmennya untuk mengedepankan sektor pariwisata untuk pengembangan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat sendiri ada sembilan prioritas pembangunan dalam RKPD 2020 yang disampaikan Emil. Pertama, Akses Pendidikan untuk Semua. Kedua, Desentralisasi Pelayanan Kesehatan. Ketiga, Pertumbuhan Ekonomi Umat Berbasis Inovasi. Keempat, Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata. Kelima, Pendidikan Agama dan Tempat Ibadah Juara. Keenam, Infrastruktur Konektivitas Wilayah. Ketujuh, Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). Kedelapan, Subsidi Gratis Golongan Ekonomi Lemah (Golekmah), Kesembilan, Inovasi Pelayanan Publik dan Penataan Daerah.

Sementara dalam keynote speech-nya yang berjudul Rencana Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Jawa Barat, Menpar AY menunjukkan contoh CEO Commitment di bidang Pariwisata yang baik akan berdampak positif dalam pengembangan daerahnya secara riil, di antaranya adalah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Samosir yang mengalami kenaikan 81% di tahun 2017, Kab. Manggarai Barat mengalami kenaikan 93% pada tahun 2018, Provinsi Bangka Belitung naik hampir 300% pada tahun 2017, dan di Kotamadya Bogor mengalami kenaikan hampir 12% di tahun 2017, Pertumbuhan Ekonomi Kab. Banyuwangi pada tahun 2017 juga mengalami pertumbuhan 5,6%, lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

Dalam forum tersebut, Menpar juga menyampaikan komitmen untuk mengawal pengembangan KEK Pariwisata yang ada di Provinsi Jawa Barat, di antaranya komitmen untuk mendukung pengusulan KEK Pariwisata Cikidang dan KEK Pariwisata dan Teknologi Pangandaran.


share to whatsapp