Wisata Jabar

Harga Tiket, Jam Operasional, dan Rute Bus Wisata Kidang Pananjung Purwakarta

share to whatsapp



Bus wisata Kidang Pananjung Purwakarta

Berkeliling kota dengan naik bus wisata, kini jadi primadona baru bagi para pelancong. Kota Bandung sudah membuktikannya dengan adanya Bandung Tour on Bus atau dikenal dengan Bandros. Dan kini kota-kota lain di Jawa Barat mengikuti jejak kesuksesan layanan transportasi wisata tersebut. Dari 27 kabupaten dan kota di Jabar, baru 13 daerah yang mendapat bantuan bus wisata tahap pertama. Yaitu Kota Cimahi, Sumedang, Garut, Kota Cirebon, Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, dan Purwakarta.

Salah satunya di Purwakarta dengan hadrinya Bus Wisata Kidang Pananjung. Bus Wisata Kidang Pananjung resmi diluncurkan pada Maret 2019 di Bale Maya Datar Purwakarta. Bus wisata hibah dari Pemprov Jawa Barat itu akan melayani rute wisata dengan melewati sejumlah ikon wisata Purwakarta. engan mulai beroperasinya Bus Wisata Kidang Pananjung diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang ke Purwakarta.

Bus wisata tersebut diberi nama Kidang Pananjung karena memiliki filosofi kearifan lokal. Dalam istilah Sunda, Kidang Pananjung merupakan seorang kesatria yang bertugas mengawal dan mengantarkan. Kehadiran Bus Wisata Kidang Pananjung sebagai salah satu fokus pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada publik terutama dalam pelayanan kepariwisataan di Purwakarta.

Bus ini ada sedikit perubahan dibanding Bandros dengan menambah fasilitas. Salah satunya, menambah handle pegangan tangan yang belum tersedia diatap bus.  Selain itu, bus sendiri akan difasilitasi oleh guide yang akan yang akan memandu selama perjalanan keliling kota Purwakarta.

Adapun untuk harga tiketnya, dewasa Rp20.000 dan anak-anak Rp15.000. Jam operasional Bus Wisata Kidang Pananjung dari pukul 07.00 WIB-17.00 WIB dengan rute, Alun-alun Purwakarta-Jalur Kota Pasjum-Kemuning-Kebon Kolot, Tajug Gede Cilodong, dan kembali lagi mengarah BTN-Situ Buleud dan terakhir Alun-alun.


share to whatsapp