Wisata Jabar

Festival Manggis Purwakarta Digelar 23 Maret 2019 di Wanayasa

share to whatsapp



Festival Manggis Wanayas Purwakarta 2019

Siapa yang gak kenal buah khas tropis kayak manfaat ini? Manggu dalam bahasa Sunda atau Manggis (Garcinia mangostana L.) biasa disantap dalam keadaan matang dengan membelah dua kulitnya dengan hati-hati sehingga bisa dikeluarkan isinya. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, manggis juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terbukti dengan banyaknya suplemen kesehatan yang dibuat dari ekstrak buah berwarna putih dan berkulit ungu ini.

Diketahui, buah yang punya ciri khas warna kulit merah keunguan itu banyak dijumpai di Purwakarta. Seperti di beberapa kecamatan di wilayah Selatan kabupaten tersebut. Di antaranya, Kecamatan Wanayasa, Bojong, Kiarapedes dan Darangdan.

Festival Manggis Purwakarta akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Maret 2019 di Kampung Gandasoli, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam festival tersebut, nantinya akan ada rangkaian kegiatan menarik, diantaranya, bazar beragam jenis produk olahan manggis, edukasi budidaya manggis, lomba-lomba, cerdas cermat, makan manggis gratis, hiburan musik tradisional, sisingaan, dan pada malam harinya digelar wayang golek.

Acara ini akan menjadi yang pertama di Purwakarta dan merupakan kolaborasi antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan menggandeng Dinas Pangan dan Pertanian setempat. Output-nya, bisa saja kedepan akan dorong supaya ada wisata 'Kebun Manggis Petik sendiri'.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan. Sehingga, buah manggis ini tak hanya dilihat dari sisi produk perkebunan, tapi juga dari sisi pariwisata.

Berdasarkan data dari Dinas Pangan dan Pertanian setempat mencatat, luas lahan perkebunan Manggis di Purwakarta wilayahnya mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut, tersebar di empat kecamatan tersebut.


share to whatsapp