Budaya dan Kuliner Sunda Hadir di Car Free Day Jakarta




Salah satu upaya untuk mempromosikan budaya dan kuliner khas Sunda adalah dengan menghadirkannya di area publik. Dan pada Minggu (28/4/2019), ajang Pesona Jawa Barat hadir di Car Free Day (CFD) di Jakarta tepatnya di area Park and Ride Thamrin 10 (sebelah Hotel Sari Pacific Jakarta),

Acara Pesona Jawa Barat dimulai sejak pukul 06.00 WIB yang diawali dengan senam zumba, dilanjutkan dengan berbagai hiburan seperti penampilan tari jaipong khas Jawa Barat. Setelah itu, yang tak kalah unik, pengunjung diajak bermain angklung secara interaktif memainkan beberapa lagu. Pengunjung pun bertambah ceria karena angklung yang dipegang boleh dibawa pulang.

Promosi destinasi wisata yang didukung oleh Kementerian Pariwisata pada ajang CFD Jakarta sudah lima kali dilakukan. Adapun Pesona Jawa Barat ini adalah yang keenam kalinya. Wisatawan nusantara (wisnus) memiliki kontribusi sangat besar untuk pengembangan wisata di Indonesia. Karena itulah, Pesona Jawa Barat menampilkan atraksi budaya dan kuliner yang menarik untuk menciptakan awareness pengunjung yang datang sehingga tertarik berkunjung ke Jawa Barat secara langsung.

Sementara Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono mengatakan, Jawa Barat memiliki banyak pesona yang bisa menjadi tujuan wisata masyarakat. Dalam rencana pengembangannya, akan dibuat lebih banyak destinasi digital untuk kaum milenial. "Untuk saat ini sudah ada destinasi digital yang dibuat oleh swasta, di Orchid Forest Cikole Bandung. Itu bisa digunakan sebagai contoh dasar bagu destinasi digital nomadic tourism yang dikelola secara profesional," ujarnya.

Menurut Don Kardono, Jawa Barat sangat berkembang sebagai tujuan wisata karena komitmen kuat dari pemerintah daerah. Dari level provinsi hingga kabupaten/kota di Jawa Barat sudah memiliki komitmen yang direalisasikan lewat anggaran memadai.

Dalam acara Pesona Jawa Barat di CFD Jakarta pengunjung bisa mencicipi kuliner gratis khas Jawa Barat di antaranya siomay, batagor, dan surabi. Acara diramaikan dengan hadirnya para influencer traveller yaitu Novita Angie, Kartika Noviyanti, Chika, dan Imam Wibowo yang berbagi tips berwisata dan rekomendasi wisata seru di Jawa Barat.

Influencer traveller Novita Angie yang juga dikenal sebagai artis mengaku senang berwisata di wilayah Jabar bersama keluarga.

Dia bersama suami dan anak-anaknya senang berpetualang wisata alam seperti mengunjungi desa wisata, glamping camp, hingga kulineran.

"Travelling bareng keluarga yang penting adalah soal kesehatan dan perencanaan. Biasanya 3 hari sebelum travelling, aku harus istirahatkan anak-anak, tidak boleh pergi dulu karena takut kecapekan atau sakit," kata Novita yang memiliki akun Instagram @novitaangie.

Menjadi media promosi, beragam sajian kuliner, kerajinan tangan, hingga travel hadir menyempurnakan Pesona Jawa Barat di CFD Jakarta. Begitupun komunitas yang ikut diundang untuk meramaikan di antaranya letsgotrip.community, letsgo.motret, bpijabodetabek, komunitas zumba, kelas pagi jakarta, iphonesia, letsgotrip.indo, komunitas sepeda onthel, dan traveller kaskus.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS