Wisata Jabar

Pameran Kepariwisataan Kabupaten Cirebon Digelar 30 Maret - 1 April 2019

share to whatsapp



Kirab Budaya Cirebon 2019

“Budaya Cirebon Tan Ana Sirna” itulah tema yang diangkat dalam pergelaran Kirab Budaya dan Pameran Kepariwisataan Kabupaten Cirebon 2019. Tema tersebut mengandung arti "Budaya Cirebon Tidak Akan Pernah Punah". Kirab budaya yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon ini dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon ke-537.

Selain kirab budaya dan pameran kepariwisataan, akan ada pagelaran wayang kulit gaya kidulan semalam suntuk di Kec. Plumbon. Lalu ada pergelaran sandiwara di Kec. Ciledug yang akan digelar 1 April 2019. Kegiatan lainnya yang sudah diadakan adalah lomba road race, fun bike, dan gokart di Kompleks Perkantoran Sumber yang telah dilaksanakan pada 9-10 Maret 2019.

Kabid Pariwisata Disbudparpora, Nana Mulyana menyampaikan, perayaan hari jadi nanti akan dimeriahkan pergelaran kirab budaya pada 30 Maret. Adapun untuk rute kirab adakan dimulai dari dari Kodim 0620 Gunung Jati, Jl. Sultan Agung, Jl. Malik Ibrahim, dan berakhir di depan Kantor Disbudparpora.

Nana memaparkan, eksistensi sejumlah budaya dan adat istiadat sudah mulai punah. Bahkan, orang dewasa pun tidak banyak yang mengetahui. Dalam kirab tersebut, Disbudparpora meminta setiap kecamatan untuk menampilkan adat istiadat dan kearifan lokal masing-masing. Seperti di Kecamatan Plered ada budaya memayu buyut trusmi, tari baksa, dan lain-lain. Atraksi kebudayaan itu akan dilengkapi dengan narasi sebagai bahan edukasi.

Dalam memperingati hari jadinya yang ke-537, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon, melaksanakan kunjungan ziarah ke Makam Gunung Jati, Kamis (28/3/2019). Rombongan dipimpin langsung Pj. Bupati Cirebon. Kunjungan ziarah tersebut yakni ke makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Kunjungan ziarah dirangkai dengan prosesi Doa, Tahlil, Tahmid, Tasbih, Takbir, Sholawat dan membaca beberapa surat ayat suci Al Qur'an serta silaturahmi dengan para sesepuh di Kecamatan Gunung Jati.


share to whatsapp