Wisata Jabar

Hardfest Pesona Jatigede 2019 Angkat Pamor Wisata Sumedang

share to whatsapp



Berita Hardfest Pesona Jatigede 2019

Hardfest Pesona Jatigede yang digelar hari Sabtu, 23 Maret 2019 di Tanjung Duriat Jatigede sukses menarik perhatian masyarakat. Ribuan masyarakat mendatangi event Trail Adventure terbaik di Sumedang. Event Hardfest Pesona Jatigede ke-3 tahun 2019 ini bertujuan untuk mengangkat pariwisata Sumedang yang menyimpan potensi yang luar biasa mulai dari wisata sejarah, seni dan budaya, hingga wisata alamnya yang memukau.
.
Diharapkan melalui event ini pariwisata Sumedang semakin dikenal luas dan menjadi destinasi pariwisata kelas dunia bahkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, sehingga nantinya pariwisata dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu, sebanyak 3000 offroader berpacu melibas rute sejauh 90 km. Para offroader Hardfest Pesona Jatigede ke-3 tahun 2019 melewati garis start pada pukul 7 pagi untuk memacu motor trailnya di rute sejauh 90 km. Rute Trail Adventure  sendiri mengelilingi Waduk Jatigede dan 4 Desa Wisata Waduk Jatigede yaitu Desa Karang Pakuan, Desa Paku Alam, Desa Jemah dan Desa Cijeungjing. Peserta Trail Adventure ini peserta berasal dari komunitas pecinta Motor Trail yang berasal dari seluruh Indonesia.

Terlihat mereka begitu antusias melewati trek yang sangat menantang, karena perhelatan yang digelar di Tanjung Duriat Jatigede ini menjadi event Trail Adventure terbaik di Sumedang.

Juga penampilan kreasi seni dan budaya tradisional dalam bentuk tari laskar hanjuang sebagai tari penyambutan yang dipertontonkan pada pembukaan acara Hardfest Pesona Jatigede 2019 ini. Pada event Hardfest Pesona Jatigede ke 3 tahun 2019, terdapat para pengrajin memperlihatkan keterampilan mereka dalam membuat kerajinan tangan berupa boneka kuda maupun kayu yang disulap menjadi berbagai macam tokoh wayang.

Sementara gelar kolosal Seni Kuda Renggong menjadi sajian atraktif yang memanjakan mata para peserta maupun wisatawan yang datang. Sebanyak 300 ekor kuda menghibur para pengunjung yang datang pada event Hardfest Pesona Jatigede ke-3 tahun 2019 ini.

Kuda Renggong sendiri adalah salah satu kesenian tradisional dari Jawa Barat yang unik dan atraktif. Kesenian satu ini merupakan kesenian atraksi kuda yang sudah di latih untuk suatu pertunjukan. Kuda Renggong ini sangat terkenal di Jawa Barat, khususnya daerah Sumedang. Nama Kuda Renggong sendiri di ambil dari kata ronggeng yang dalam bahasa sunda berarti “keterampilan".


share to whatsapp