Wisata Jabar

Tak Hanya di Bandung, Taman Alun-Alun Instagramable Ada di Cianjur

share to whatsapp



Taman Alun-Alun Cianjur

Dengan mengenakan baju kampret/pangsi dan iket Sunda (totopong). Presiden Joko Widodo meresmikan Alun-alun Kabupaten Cianjur. Area Alun-Alun yang bersebelahan dengan Masjid Agung Cianjur, tersebut diresmikan pada Jumat (8/2/2019). Persemian dilakukan dengan pelemparan permainan panggal (gasing).

Percontohan bagi daerah lain
Dalam sambutannya, Jokowi memuji Alun-alun Cianjur. Dia berharap alun-alun itu bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. Dalam tinjauan ini, Jokowi ditemani Menteri-Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.

Seusai peresmian, Jokowi meninjau fasilitas apa saja yang terdapat di alun-alun itu. Dalam tinjauannya, Jokowi melihat langsung atraksi anak-anak Cianjur bermain gasing, egrang, dan kain sarung.lun-alun yang dilengkapi berbagai fasilitas dan beragam ruang publik itu, cukup indah dan bagus.

Wisata ruang publik
Alun-alun Cianjur terbuka untuk umum dimana warga diperbolehkan untuk datang dan menikmati ruang publik tersebut. Untuk bisa masuk dan menikmati Alun-alun Cianjur dengan berbagai fasilitas dan kelengkapannya itu sama sekali tak dipungut biaya alias gratis. Yang bayar itu cuma untuk parkir dan toilet serta Menara Pandang. Akan tetapi, untuk tiket Menara Pandang masih belum ditentukan.

Sementara, untuk pengelolaan, Alun-alun Cianjur pun masih sedang dalam pembahasan berbagai OPD terkait.  Juga bagi pengunjung ada beberapa aturan yang harus ditaati, seperti menjaga dan memelihara fasilitas, tidak membuang sampah sembarangan dan hal lainnya yang bisa merusak Alun-alun Cianjur dan tak boleh membawa makanan dan minuman.

Hal lain yang diwanti-wantikan adalah agar warga tak menginjak rumput sintetis yang terletak tepat di depan Masjid Agung Cianjur menggunakan alas kaki. Taman Alun-Alun Cianjur memiliki rumput sintetis yang luas di bagian depan masjid, panggung olahraga tematik, beberapa saung, dan koridor pejalan kaki yang sangat panjang.

Taman alun alun ini memiliki beberapa pintu dari berbagai arah, ada dari Utara, timur, selatan dan barat. Taman alun alun Cianjur akan menjadi magnet baru bagi warga yang bisa menggerakkan ekonomi   Taman yang dibangun secara komperhensif dan bisa menampung sekitar 140 mobil ini bisa menjadi tempat wisata area publik kekinian di Kota Tauco tersebut.

Penulis: Tim wisajabar.com
Editor: Addien

share to whatsapp