Wisata Jabar

Kembangkan Wisata Priangan Timur, Garuda Diminta Buka Rute Jakarta-Tasikmalaya



Terminal Baru Bandara Wiriadinata

Priangan Timur yang meliputi wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, Banjar, Ciamis, dan Garut punya segudang potensi wisata yang bakal menarik kunjungan para pelancong. Priangan Timur punya potensi alam dari pantai sampai pegunungan. Begitu pula wisata kuline dan wisata seni budaya pun terbilang lengkap di kawasan ini. Hanya saja, urusan aksesibilitas masih jadi kendala tersendiri. Untuk itu pemerintah pusat dan daerah pun terus berupaya mengoptimalkan pengembangan wisata di kawasan ini.

Selain akan dibangunnya jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), pengembangan bandar udara pun telah dilakukan. Kehadiran Bandara Wiriadinatas di Kota Tasikmalaya bisa menjadi titik akses persebaran para wisatawan untuk melancong ke berbagai tempat wisata yang ada di Priangan Timur.

Peresmian terminal baru Bandara Wiriadinata
Pada Rabu, 27 Februari 2019, Presiden Jokowi meresmikan terminal penumpang yang baru di Bandara Wiriadinata. Secara simbolis, Jokowi menandatangani prasasti peresmian terminal penumpang baru tersebut. Acara ini turut disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara (Hubud),  Polana B. Pramesti, Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, anggota komisi V DPR RI, Nurhayati, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dan undangan lainnya.

Terminal baru itu sudah bisa difungsikan. Bandara Wiriadinata Tasikmalaya sendiri sudah beroperasi sejak pertengahan Juni 2017 lalu.  Bandara Wiriadinata sudah melayani penerbangan maskapai Wings Air atau jenis ATR dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jokowi mengatakan bakal memerintahkan maskapai Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan Jakarta-Tasikmalaya.  Jokowi berharap dengan perintah tersebut, penerbangan baru Garuda itu bisa dimulai pada Maret 2019.

"Kami harapkan Maret sudah ada tambahan penerbangan lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu (penerbangan). Karena kelihatannya pasarnya menghendaki itu," kata Jokowi di Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya. Rencananya, penerbangan Garuda ini dengan rute penerbangan Jakarta-Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya.

Pembenahan Bandara Wiriadinata
Selain membangun terminal khusus penumpang, terminal baru di Bandara Wiriadinata juga memperpanjang landasan pacu hingga mencapai 1.600 meter. Bandara Wiriadinata semula berfungsi sebatas pangkalan udara operasional TNI. Belakangan, bandara tersebut dibuka untuk penerbangan komersial.

Sementara, Ditjen Hubud masih akan melakukan pengembangan tahun ini. Pengembangan dilakukan dengan menambah dan memperbarui peralatan di terminal, memperbarui pagar bandara, dan lainnya.  Bandara Wiriadinatas kini terlihat megah dan modern dengan bangunan terminal dan lanskapnya, tapi juga sisi udara, seperti runway , taxiway dan apron.


share to whatsapp