Jajal Rute Bandung - Garut - Tasikmalaya ke Pantai Batu Karas




Penasaran, itu alasan kenapa kali ini pengen nyoba rute lain ke Batu Karas. Dan kali ini tim wisatajabar.com mencoba menjajal rute Bandung - Garut - Tasikmalaya. Keberangkatan pada Sabtu (26/01/2019) dimulai dari arah Bandung via keluar tol Cileunyi. Lepas dari Cileunyi kendaraan bablas langsung ke Garut kota.

Perjalanan dari Garut kota melewati jalur jalan Garut kota -  Cilawu - Tasikmalaya. Lama perjalanan sampai belokan Sukaraja - Mangunreja (sebelum Singaparna) kurang lebih 1 jam. Namun di sepanjang jalur tersebut di sekitar kawasan wisata Situ Sanghyang (Cibalanarik) terdapat jalan rusak sekitar 2 km. Lama perjalanan dari arah Sukaraja ke Cikatomas sendiri sekitar 1 jam.

Nah, bagi Anda yang ingin ke Batu Karas via Jln. Raya Cikatomas, harus lewat belokan di sebelah SPBU. Menyusuri Jln. Tawang sampai ke arah Cimerak jalannya sangat mulus dengan kontur turun naik. Oh ya, bagi yang mau main ke Curug Dengdeng pun via jalan ini. Lokasi air terjun ini tak jauh dari arah kita masuk dari belokan di SPBU. Namun buat ke arah curug harus ke dalam lagi karena posisinya agak jauh dari jalan raya.

Kembali ke topik, buat yang mau ke Batu Karas terus saja lewat jalur ini sampai ada pertigaan di kawasan Cimerak. Bila capek, bisa ngaso dulu di masjid raya di pertigaan Cimerak tersebut. Buat nerusin perjalanan ke Batu Karas, tinggal belok kiri saja dari arah pertigaan tersebut. Sedangkan jalur kanan tembusnya ke arah pantai selatan ke kawasan wisata Kalapa Genep/Karang Tawulan. Dari Karang Tawulan, jalan mulus nembus ke arah Garut Selatan ke kawasan Hutan Sancang, Santolo, Rancabuaya, dan kawasan wisata lainnya di Jabar selatan.

Untuk jalur ke Batu Karas dari Cimerak lewat Cijulang. Di jalur ini pun sebelum Batu Karas bisa menjajal wisata Green Canyon Pangandaran. Karena tujuan kita ke Batu Karas, maka kendaraan parkir di kawasan pantai ini. Kebetulan, saat kami ke sini, suasana terbilang sepi. Kata beberapa pelaku usaha di sana sih, ini pengaruh juga musim hujan dan berita tsunami Selat Sunda. Tapi menurut mereka, nanti pas musim liburan biasanya ramai lagi.

Berikut ini harga tiket terbaru ke Pantai Batu Karas Pangandaran:
- pejalan kaki: Rp6.000
- sepeda motor: Rp14.000
- sedan: Rp37.500
- minibus kecil: Rp65.000
- minibus besar: Rp92.000
- bus kecil: Rp126.000
- bus sedang: Rp188.000
- bus besar: Rp310.000

Pantai Batu Karas dikenal juga sebagai salah satu spot surfing. Di sini pun terlihat beberapa turis bule sedang asing main selancar. Sementara buat parkiran bisa di arah sebelah sentra souvenir. Pengunjung pun bisa menyewa pelampung dengan tarif Rp15.000. Dan untuk kamar mandi/bilas hanya dikenakan tarif Rp4.000.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS