Jadwal dan Harga Tiket KA Pangandaran Relasi Jakarta - Bandung - Banjar




Setelah meluncurkan kereta api relasi Bandung - Tasikmalaya, PT KAI pada Rabu, 2 Januari 2019, meluncurkan KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir - Bandung - Banjar (PP) dan  Bandung - Banjar (PP). Peluncuran KA Pangandaran dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jawa Barat. Launching KA tersebut juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Anggota Dewan Komisaris PT KAI, Walikota Banjar, Bupati Pangandaran, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat, Kadishub Provinsi Jawa Barat, CEO BNI Bandung, Dirpamobvit Polda Jawa Barat, Kapolres Banjar, Dandim 0613 Ciamis, dan Wakapolres Ciamis, serta  undangan  lainnya.

Dioperasikannya KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat.

Terkait reaktivasi, jalur Banjar- Pangandaran yang melewati rute sepanjang 82 kilometer sampai Stasiun Cijulang akan dimulai tahun ini. Reaktivasi jalur kereta api Banjar-Pangandaran- Cijulang ini sudah melewati tahap studi dan perencanaan. Adapun tahap selanjutnya adalah penertiban bangunan di atas jalur dan pembebasan lahan untuk stasiun baru.

Berikut ini informasi seputar KA Pangandaran:

1. Unit kereta api
Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk.

2. Jarak tempuh
Untuk jarak sekitar 328,8 Km antara Jakarta - Banjar, kereta ini akan menempuh waktu  sekitar 8 jam,  dan  dari Bandung ke Banjar dengan jarak 155,8  km ditempuh  sekitar 4 jam 30 menit.

3. Jadwal KA Pangandaran:
a. KA 12410 Relasi Gambir - Bandung - Banjar
berangkat Gambir pkl. 07.50 WIB,  datang Bandung pkl.11.07 WIB, berangkat Bandung pkl. 11.40 dan tiba di Banjar pkl.15.56 WIB.

b. KA 12379 Relasi Banjar - Bandung
berangkat Banjar pkl. 16.20 WIB, datang Bandung pkl. 20.34 WIB.

c. KA 12412 Relasi Bandung - Banjar
berangkat Bandung pkl. 09.10 WIB, datang Banjar pkl. 13.03 WIB.

d. KA 12377 Relasi Banjar -Bandung - Gambir
berangkat Banjar pkl. 13.55 WIB, tiba di Bandung pkl. 18.34 WIB, berangkat Bandung pkl. 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pkl. 22.34  WIB.

4. Tarif promo
Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA, KAI memberikan tarif promo untuk KA Pangandaran keberangkatan tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019 dengan detail sebagai berikut:
a. Gambir-Banjar (pp): Kelas Eksekutif Rp160.000
b. Kelas Ekonomi Premium Rp110.000 (Setara dengan Tarif Argo Parahyangan, Bandung-Gambir (pp)
c. Bandung-Banjar (pp): Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium Rp1 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
- Pembelian Tiket Rp1 melalui Loket tidak dikenakan biaya alias gratis
- Pembelian Tiket Rp1 melalui KAI Access dan Website KAI tidak dikenakan bea pesan
- Pembelian Tiket Rp1 melalui channel eksternal dikenakan bea pesan sesuai kebijakan masing-masing channel             
- Pembelian Tiket Rp1 tidak dapat dilakukan di Ticket Vending Machine

5. Tarif normal
Adapun tarif normal setelah masa promo adalah sebagai berikut:
a. Eksekutif : Tarif Batas Bawah (TBB) Rp 150.000 dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp 520.000
b. Ekonomi Premium : Tarif Batas Bawah (TBB) Rp 100.000 dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp 330.000

6. Pemesanan tiket
Pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan mulai H-30 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, Loket Stasiun, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Tiket Promo KA Pangandaran ini tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal, digabungkan dengan reduksi/promo lainnya, dan hanya dilayani jika tempat duduk masih tersedia.

Selama masa promo, KAI juga memberikan layanan Angkutan Lanjutan secara gratis bagi penumpang KA Pangandaran yang melakukan pemesanan dengan relasi Gambir-Garut (pp). Keberadaan Angkutan Lanjutan ini bertujuan untuk mempermudah penumpang KA Pangandaran yang dari dan menuju Garut.

7. KA Pariwisata
Dengan layanan single ticketing, penumpang cukup memesan satu kali kemudian sudah langsung dapat menggunakan KA Pangandaran serta Angkutan Lanjutannya. Angkutan Lanjutan yang dikelola oleh anak usaha KAI, PT KA Pariwisata ini memiliki titik pemberangkatan/ pemberhentian di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 6, Garut.

Untuk tanggal 2 s.d 4 Januari 2019, PT KA Pariwisata menyediakan satu armada berkapasitas masing-masing 12 tempat duduk, lalu mulai 5 Januari dan seterusnya akan ditambah menjadi 2 armada dengan total 24 tempat duduk. Angkutan Lanjutan ini melayani rute Stasiun Cibatu-Garut (pp) dengan detail sebagai berikut:

a. Relasi Gambir-Garut: KA Pangandaran tiba di Stasiun Cibatu pukul 13.14 dan penumpang berpindah ke Angkutan Lanjutan untuk menuju Garut dengan keberangkatan pukul 13.30.

b. Relasi Garut-Gambir: Penumpang berangkat dari pickup point pukul 14.30 menuju Stasiun Cibatu untuk selanjutanya menggunakan KA Pangandaran dengan jadwal keberangkatan pukul 16.40 menuju Stasiun Gambir.

Perjalanan Angkutan Lanjutan Stasiun Cibatu-Garut (pp) menempuh waktu lebih kurang 60 menit

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS