Wisata Jabar

Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) Akan Digelar 20 - 21 April 2019



Gebyar Pesona Budaya Garut 2019

Pada 20 - 21 April 2019 akan ada event seru di Garut. Adalah Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) yang tahun ini akan kembali hadir. Acara ini diadakan oleh Pemda Garut bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Tujuannya adalah untuk memperingati hari jadi Garut yang ke-206. Akan ada banyak pertunjukan budaya yang sangat menarik.

Melestarikan seni dan budaya
Tujuan digelarnya event GPBG 2019 adalah untuk melestarikan seni dan budaya. Selain itu mendukung pariwisata daerah dan membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. GPBG 2019 akan dimeriahkan penampil dari 20 komunitas seni dan budaya, 9 masyarakat adat, perwakilan dari kecamatan dan desa seluruh Kabupaten Garut. Akan ada Rampak Silat Bambu Runcing yang menampilkan 700 pendekar dari 29 padepokan silat.

GPBG 2019 memiliki acara pameran, bazar, budaya batik garutan, pengrajin kulit (tas, jaket, tas, sepatu), parade seni, dan pesta rakyat. Nanti juga akan ada prosesi budaya yang menampilkan perwakilan dari 7 provinsi dan 10 kabupaten kota se-Indonesia. Selain ada gelaran budaya, akan ada 150 stan UMKM termasuk perwakilan dari 4 negara yang ikut promosi. Bahkan, enam duta besar dari negara-negara sahabat menghadiri acara ini.

Adapun, target dari acara ini adalah mendatangkan 150 ribu wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri. Di kesempatan ini, pihaknya akan memaksimalkan promosi destinasi wisata yang ada di Garut.

Promosi potensi wisata Garut
Garut sudah sejak lama dikenal sebagai Swiss-nya Jawa atau "Swiss Van Java" yang memiliki potensi alam yang spektakuler untuk dijadikan objek wisata. Beberapa objek wisata di Garut antara lain kawah gunung berapi Talaga Bodas, kolam renang di tengah perbukitan di Bukit Kacapi, Kebun Mawar Situhapa, Pantai karang dengan air terjun mini di Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk, Pantai Taman Manalusu, Curug Nyogong, Curug Mala, Curug Ciarjuna, dan Curug Cibadak.

Bagi yang suka mendaki gunung, bisa mencoba menaklukan Gunung Guntur. Dari puncaknya pada ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melihat deretan gunung yang ada di Jawa Barat, mulai dari Ciremai hingga Cikuray.

Objek wisata lain adalah Hutan Mati Gunung Papandayan, hutan pinus Leuweung Oko atau The Great Oko, Puncak Guha, Pemandian Air Panas Sukasono serta Gunung Piramida Sadahurip yang konon menyimpan harta karun dan piramida pada bagian bawah gunung.

Event GPBG 2019 telah masuk dalam Calendar of Event (CoE) 100 Wonderful Event Nasional 2019. CoE Wonderful Indonesia 2019 menjadi salah satu magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.


share to whatsapp