Wisata Jabar

Dari Bandara Kertajati, Lion Air Layani Penerbangan ke Balikpapan, Jakarta, dan Yogyakarta

share to whatsapp



Lion Air Bandara Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka, di awal 2019 ini menghadirkan tiga rute baru yang dikembangkan oleh Lion Air Group. Tiga rute itu menghubungkan Kertajati dengan Jakarta, Yogyakarta, dan Balikpapan. Tiga rute baru BIJB Kertajati akan diaktivasi Jumat (11/2/2019) dengan maskapai Lion Air dan Wings Air.

Kehadiran Lion Air Group juga menambah pilihan varian maskapai di Bandara Kertajati. Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia, Citilink, dan Trans Nusa sudah lebih dahulu beroperasi di sana. Garuda ini melayani rute Kertajati ke Lampung, Palembang, Balikpapan, dan Tarakan. Citilink pun membuka rute ke Surabaya dan Medan, lalu maskapai domestik Trans Nusa menuju Semarang juga Lampung.

Maskapai penerbangan Lion Air akan menghubungkan Bandara Kertajati dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikappan, Kalimantan Timur. Poros ini akan terhubung dengan armada Boeing 737-800 dengan kapasitas 189 seat. Lebih spesial lagi, flight ini terjadwal reguler setiap harinya.

Jadwal penerbangan ke Balikpapan, Yogyakarta, dan Yogyakarta
Poros Kertajati-Sepinggan ini dilayani pukul 12.00 WIB setiap hari. Lalu, mendarat pukul 13.00 WITA. Untuk rute Sepinggan-Kertajati dibuka setiap pukul 13.40 WITA dan tiba di Kertajati sekitar 16.40 WIB.

Selain Balikpapan, Kertajati juga terhubung dengan Kota Jakarta dan Yogyakarta. Kedua rute ini akan dilayani maskapai Wings Air mulai Sabtu (12/1/2019). Rute baru ini akan dihubungkan dengan pesawat ATR 72-500/600 dengan kapasitas 72 tempat duduk.

Untuk, Jakarta, Wings Air menghubungkan Kertajati dengan Bandara Halim Perdanakusuma. Rute ini juga dilayani reguler setiap hari. Untuk flight Kertajati-Halim Perdanakusuma dilayani tiap pukul 11.55 WIB dan mendarat 12.50 WIB. Jadwal Halim Perdanakusuma-Kertajati beroperasi pukul 10.35 WIB lalu tiba pada 11.30 WIB.

Adapun rute Bandara Kertajati-Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, dilayani 13.50 WIB. Lalu, flight dari Yogyakarta dinikmati pukul 12.20 WIB. Untuk mendukung pariwisata, Lion Air Group memasang target 1 Juta penumpang untuk seluruh rute yang dilayani dari Kertajati. Komitmen besar diberikan Lion Air Group tahun ini seiring penambahan 31 armada baru jenis Boeing, Airbus, dan ATR.

Armada Lion Air Group
Rincian armada baru Lion Air Group untuk 2019 adalah 9 unit ATR. Ada juga 4 unit Airbus 320-200CEO dan A330-900. Untuk varian Boeing terbagi 737 MAX 8 sebanyak 11Unit hingga 787-900 Dreamliner dengan jumlah 3 unit.

Bandara Kertajati adalah pintu masuk bagi Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning). Namun, wilayah lain seperti Subang dan Sumedang juga diuntungkan dengan bandara ini.

Tidak hanya di Jawa Barat. 2 wilayah di Jawa Tengah juga diuntungkan dengan bandara ini, yaitu Brebes dan Tegal. Singgih pun lalu menambahkan, wilayah penyangga di sekitar Bandara Kertajati memiliki potensi populasi tinggi.

-----------
Info lainnya seputar layanan BIJB Kertajati LIHAT DI SINI


share to whatsapp