Wisata Jabar

Jalan Tol Bocimi Diresmikan, Permudah Akses Bogor-Ciawi-Sukabumi



Persemian Tol Bocimi

Aksesibilitas Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) selama ini dirasakan cukup melelahkan karena harus  melewati jalur jalan raya. Normalnya, perjalanan Bogor-Sukabumi bisa memakan waktu lima jam. Namun bila jalanan macet, waktu perjalanan bisa sampai tujuh jam.

Namun kini, akses tersebut bisa lebih mudah dengan diresmikannya tol Bocimi oleh Presiden Republik Indonesia. Jokowi meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I, dari Ciawi hingga Cigombong di di gerbang tol Cigombong 1, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Permudah jalur wisata ke Sukabumi
Ruas tol ini sekarang sudah beroperasi penuh, bukan fungsional lagi. Dan momen liburan Natal-Tahun Baru sudah bisa dilewatat wisatawan. Sebagai gambaran, selama ini, perjalanan dari Ciawi di Bogor, menuju Cigombong di Sukabumi biasanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika melewati jalan nasional. Dengan adanya ruas tol ini, waktu tempuh 1,5 jam bisa terpangkas signifikan, menjadi 10-15 menit saja.

Pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) telah ditetapkan tahun 1997 dan sudah beberapa kali ganti investor hingga menginjak tahun ke 21. Diharapkan hadirnya akses Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini nanti akan bersambung. Setelah Sukabumi, akan bersambung ke Cianjur, lalu ke Bandung, dan langsung terus ke timur ke Cilacap.

Jalur tol Bocimi
Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 kilometer (km), dibagi menjadi empat seksi, yaitu: Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.

Soal tarifnya, setelah satu minggu beroperasi, jalan tol ini akan dipasang tarif di kisaran Rp 1.000 per kilometer. Dan untuk seminggu pasca diresmikan, jalan tol boleh dilewati gratis oleh para pengendara mobil. Kehadiran tol ini diharapkan bisa memicu peningkatan pariwisata di Sukabumi. Tol Bocimi bisa membuat warga Jakarta punya lebih banyak alternatif liburan. Selama ini, wilayah seperti Bogor dan Bandung selalu menjadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan.

Memang Sukabumi terkenal memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik. Sayangnya, akses yang cukup memakan waktu panjang itu membuat masyarakat enggan berlibur ke Sukabumi. Upaya lain dalam memperlancar akses, juga akan didukung dengan membuat jalur kereta double track menuju Sukabumi. Langkah itu diharapkan semakin mempermudah akses masyarakat menuju Sukabumi.


share to whatsapp