Wisata Jabar

Gedung Sate Festival 2018, Ajang Promosi Potensi Wisata Jawa Barat



Gedung Sate Fest 2018

Dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Jawa Barat ke-73, Disparbud Jabar menggelar Gedung Sate Festival 2018. Event ini dibuka langsung Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa di halaman depan Gedung Sate Bandung pada Jumat (16/11/2018). ‘Jawa Barat Selatan’ menjadi tema yang diangkat dalam event ini.

Festival ini juga menjadi ajang promosi wisata baru di daerah Jabar bagian selatan. Sekda Jabar  mengungkapkan bahwa kunjungan wisatawan lokal ke Jabar telah mencapai target sebanyak 58 juta wisatawan. Namun target wisatawan mancanegara belum mencapai target 1,7 juta wisatawan. Untuk itu, Gedung Sate Festival ini mengangkat tema Jawa Barat Selatan guna memperkenalkan wisata baru disana.

Sekda pun menyampaikan data bahwa kunjungan wisatawan nusantara ke Jawa Barat itu ditargetkan paling besar se-Indonesia sekitar 58 juta dan sampai saat ini sudah tercapai. Namun, untuk kunjungan turis asing, masih terbilang sedikit. Event ini bisa jadi momentum yang menjadi tujuan Gedung Sate Festival yang di laksanakan dengan berbagai komponen.

Pekerjaan rumah optimalisasi destinasi
Sekda Iwa menambahkan, belum tercapainya target kunjungan wisatawan asing ke Jawa Barat dipengaruhi oleh sisi infrastruktur dan akses menuju lokasi wisata, revitalisasi objek wisata, serta promosi yang masih harus terus ditingkatkan. Iwa menegaskan, Gedung Sate Festival ini merupakan salah satu langkah promosi yang dilakukan.

Senada dengan Iwa, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, sasaran utama festival ini adalah sebagai rangkaian peringatan HUT Jabar. Menurutnya, pemerintah sudah seharusnya memberikan ruang bagi masyarakat untuk berekspresi, juga menyediakan ruang bagi pelaku industri kreatif untuk memasarkan produknya.

“Ini adalah pesta rakyat, dan kita pemerintah ingin memberikan ruang pada masyarakat untuk berekspresi, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat atau UKM untuk mempromosikan apa yang dihasilkannya,” papar Ida.

Pihaknya menargetkan Gedung Sate Festival ini menjadi destinasi wisata akhir pekan ini. Untuk itu, Ida mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk memboyong wisatawan mancanegara ke acara ini.

Gedung Sate Festival ini telah digelar hingga hari Sabtu tanggal 17 November 2018, dan dibuka untuk umum secara gratis. Tak tanggung-tanggung, festival ini juga dimeriahkan oleh penampilan artis-artis nasional, seperti Angsa & Serigala, The Milo, Java Jive, Ita Purnamasari, T-Five, dan Via Vallen. (Humas Pemprov Jabar)


share to whatsapp