Wisata Jabar

Tour De Linggarjati, Event Sport Tourism Unggulan Jawa Barat



Pembukaan Tour de Linggarjati 2018

Digelar untuk keempat kalinya, event olahraga Tour De Linggarjati tahun ini resmi dibuka Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Lapang Sepak Bola Purwasari, Jumat (26/10/18). Agenda tahunan bertaraf internasional Kabupaten Kuningan ini digelar mulai tanggal 26 - 28 Oktober 2018 dan akan melewati kurang lebih 104 desa oleh para atlet.

Tour de Linggarjadi 2018 mengusung tagline "Lintas Alam, Kenali Budaya dan Cintai Sejarah". Sport tourism dari Kuningan ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari pembalap Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Great Britania (Britania), Jerman, Belanda, dan Slovenia.

Objek sport tourism
Dalam sambutannya, Ridwan Kamil, berharap event ini menjadi objek sport tourism setelah mempercantik Waduk Darma tahun 2019 mendatang. Ditambah karena Kuningan sudah masuk daftar pengembangan pariwisata. Sehingga penyelenggaraannya akan jauh lebih baik dengan skala lebih besar.

Dilansir dari Humas Jabar, Kang Emil berencana akan menjadikan Waduk Darma menjadi Danau Wisata terbaik di Indonesia. Rencananya Rp50 Miliar akan digelontorkan untuk renovasi. Konsepnya akan dibuat luar biasa sehingga belum pernah ada di Indonesia.

Dalam prosesnya, Emil akan mengupayakan semua pihak tidak akan merasa dirugikan, terlebih para pelaku usaha kreatif dan kuliner. Emil meyakini kombinasi kabupaten yang fokus pada konservasi dengan wisata-wisata yang ramah lingkungan seperti ini, Insyaallah akan menjadikan Kabupaten Kuningan menjadi salah satu kabupaten terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Tiga kategori
Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan pelaksanaan Tour de Linggarjati telah memasuki tahun keempat. Ajang bergengsi ini akan melombakan tiga kategori yaitu Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRR) dan Criterium.

Acep berharap dengan terselenggaranya Tour de Linggarjati akan meningkatkan prestasi sepeda, berkembangnya pariwisata industri kreatif dan kuliner, mengenalkan investasi dan meningkatkan infrastruktur pemerintah.