Wisata Jabar

Tasikmalaya Oktober Festival 2018, Event Wisata Unggulan di Priangan Timur



Tasikmalaya Oktober Festival 2018

Sebagai kota di Priangan Timur yang berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan, Kota Tasikmalaya terus menggenjot sektor wisatanya. Bukan hanya pembenahan tempat-tempat wisata dan kuliner, event pariwisata Tasikmalaya pun kini digarap lebih apik. Salah satunya dengan digelarnya Tasikmalaya Oktober Festival (TOS) yang dibuka pada Sabtu malam, 13 Oktober 2018  Tasikmalaya Oktober Festival (TOS) dibuka langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.

Menariknya, peresmian ini dilaksanakan dengan hadirnya air mancur menari warna-warni. Dengan diiringi lantunan shalawat di pusat kota, event Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) tahun 2018 pun dibuka. Pembukaan pun tampak dihadiri ribuan santri yang memadati kawasan Tugu Adipura Kota Tasikmalaya. Acara TOF 2018 dilaksanakan di Taman Kota Tasikmalaya dan beberapa ruas jalan protokol dan dipusatkan di Jalan KH Zainal Mustofa dan Jalan Otto Iskandardinata.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan bawha TOF bisa diibaratkan hari besarnya orang Tasik. Ia pun berharap semua toko-toko yang ada di sepanjang Jalan KH Zainal Mustofa untuk mendukung dengan ada diskon khusus dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengapresiasi meriahnya acara. Terlebih, animo masyarakat Kota Tasikmalaya yang terlihat antusias, menjadi keistimewaan tersendiri menyambut hari lahir Kota Tasikmalaya, yang jatuh tepat setiap tanggal 17 Oktober.

"Kegiatan hari ini, membuat Jawa Barat bisa terpromosikan kehebatan potensi wisatanya. Kami sangat mendukung kegiatan hari ini," ungkap Wagub Jabar, di Kota Tasikmalaya, Minggu (14/10/18).

Tasikmalaya Oktober Festival (TOS)  sendiri digelar dari Sabtu sampai Selasa, 13 - 16 Oktober 2018. Event akbar ini diisi dengan Pameran Tasikmalaya Kreatif, Tasikmalaya food culinary, Tasikmalaya Muslim Fashion Show, Gelar Budaya, Seminar Potensi Unggulan Kota Tasikmalaya, dan Karnaval Budaya.  Acara ini juga melibatkan unsur pelaku usaha kecil menengah (UKM) seperti batik, kerajinan mendong, payung geulis, alas kaki, dan makanan olahan khas Tasikmalaya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah dengan digelarnya acara Karnaval Budaya yakni Tasik Fashion Karnival dan Tasik Jampana Karnival pada 14 Oktober 2018. Kegiatan ini digelar di sepanjang Jln. Otto Iskandardinata Dalam acara grand opening tersbut turut dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan 25 Walikota peserta Rakor Komwil III Apeksi, tiap unsur Pemkot, para tokoh serta tamu lainnya.