Wisata Jabar

Jadwal Proyek dan Daerah Lintasan Reaktivasi Empat Jalur Kereta Api di Jawa Barat



Jadwal proyek reaktivasi jalur kereta Jabar

Perencanaan fisik proyek atau detail engineering design (DED) reaktivasi jalur rel kereta api di Jawa Barat akan dilakukan Januari 2019.

Berikut jalur kereta api mana saja yang siap di reaktivasi oleh PT KAI dan Pemprov Jabar:

1. Jalur Kereta Api Bandung-Ciwidey
Panjang jalur Bandung-Ciwidey adalah 37.8 Km, direncanakan melewati 6 stasiun yaitu Stasiun Bandung, Cikudapateuh, Dayeuh Kolot, Banjaran, Soreang, dan Stasiun Ciwidey. Reaktivasi jalur Bandung Ciwidey direncanakan beroperasi pada tahun 2022

2. Jalur Rancaekek-Tanjungsari
Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 11,5 Km, dengan rencana 3 stasiun yaitu stasiun Rancaekek (eksisting), Jatinangor dan Tanjungsari. Reaktivasi jalur ini diperkirakan selesai tahun 2021 -2022.

3. Jalur Banjar-Pangandaran-Cijulang
Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 82 Km dan melewati 4 Stasiun Banjar (eksisting), Pangandaran, Parigi, dan Cijulang, serta 4 halte Batulawang, Cikembulan, Cikalong, dan Cibenda. Reaktivasi jalur ini diharapkan selesai pada tahun 2023

4. Jalur Cibatu-Garut-Cikajang
Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 47,5 Km, yang terbagi dua seksi, yaitu Seksi I Cibatu-Garut sepanjang 19,29 Km dan Seksi ll Garut-Cikajang sepanjang 28,21 Km.