Wisata Jabar

Meriahnya Event Pangandaran Internasional Kite Festival 2018



Pangandaran Internasional Kite Festival 2018

Pangandaran Internasional Kite Festival (PIKF) 2018 atau lebih dikenal dengan festival layang-layang Pangandaran digelar pada Sabtu dan Minggu, 14-15 Juli 2018. Event ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran di lapangan Katapang Doyong pantai timur. Event yang diselenggarakan digelar bersama Persatuan Layang Layang Pangandaran (PERLAP). diikuti peserta dari 5 negara dan puluhan daerah di Indonesia.

Peserta festival layang-layang yang datang dari luar negeri, ada lima perwakilan negara yang hadir yaitu dari Hong Kong, India, Cina, Singapura, dan Malaysia.  Sedangkan peserta domestik berasal dari Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Adapun tema yang diangkat ialah "The Beauty of Harmony" bermakna kumpulan nada yang berbeda namun saat digabungkan bisa membentu alunan musik indah.

Pangandaran Internasional Kite Festival dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari. Juga tampak hadir Kapolres Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Kepala SKPD Kabupaten Pangandaran dan puluhan peserta.

Acara PIKF 2018 ini juga bertepatan dengan acara Polda Jawa Barat yaitu tour gabungan CMU dalam rangka hari Bhayangkara yang ke 72. Event yang sudah digelar sejak tahun 90-an mengundang peserta dari beberapa negara seperti Macau, India, China,Singapura dan Malaysia. Ada 2 jenis pertunjukan layang-layang yaitu night flying competition, dan kite flying exhibition. Night flying competition yakni layang-layang yang diterbangkan pada malam hari dengan terpasang lampu-lampu. Adapun kite flying exhibition adalah unjuk kebolehan dan keindahan layang-layang dari peserta peserta mancanegara dan lokal.

Sementara kegiatan lainnya dalam event ini yakni bersih-bersih di pantai barat Pangandaran dengan peserta SD, SMP, dan SMA. Lalu ada juga bazaar makanan, pembagian doorprize, pertunjukan seni tradisi seperti ronggeng gunung dan beberapa tari tradisi serta komunitas band band anak muda pangandaran dan ditutup oleh bintang tamu Don Lego.


share to whatsapp